video hd

Teknoflas.com Bagi smartphone kelas atas, rekaman video berkualitas 4k adalah hal biasa, ini adalah bukti bahwa teknologi dunia sudah semakin berkembang pesat, mengingat beberapa tahun lalu, fitur terbaik kebanyakan yang dimiliki oleh ponsel mahal hanya bisa merekam video hingga HD (720).

Nah, apakah Anda tahu smartphone pertama di dunia yang dapat merekam video HD? Smartphone HD pertama ternyata diproduksi oleh Samsung.

Samsung melalui postingan di blog-nya, mengatakan bahwa Galaxy S yang meluncur pada 2010 adalah smartphone pertama yang dapat merekam video HD. Namun menurut laporan Phone Arena, Samsung sebenarnya telah meluncurkan beberapa smartphone yang merekam video 720p sebelum Galaxy S yaitu OMNIA HD i8910, Instinct HD dan Samsung Wave.

Diantara ketiganya, hanya Instinct HD yang merupakan handset berbasis sistem operasi (OS) Android. Samsung Wave berbasis Bada OS, sedangkan OMNIA HD i8910 mengusung Symbian.

Sedangkan yang pertama kali meluncur diantara ketiganya adalah OMNIA HD i8910. Diperkenalkan secara resmi pada Februari 2009, OMNIA HD i8910 mulai meramaikan pasar smartphone pada Mei tahun yang sama.

Smartphone tersebut bisa merekam video 720p berkat kamera belakang 8 Megapiksel (MP) dengan auto fokus, digital image stabilization dan flash LED. Selain itu, OMNIA HD i8910 juga dilengkapi layar sentuh AMOLED berukuran 3,7 inci dengan resolusi 360 x 640 piksel, prosesor single-core 600 MHz, RAM 256 MB, memori internal 8 GB atau 16 GB dan baterai 1.500 mAh.