Teknoflas.com – Memakai narkoba, meneguk minuman keras dan menghisap rokok merupakan tindakan buruk yang dilakukan oleh orang dewasa. Semuanya tak hanya merusak kesehatan fisik, namun berpengaruh langsung terhadap mental.

Ternyata semua tindakan di atas tak hanya dilakukan oleh orang dewasa, bahkan balita bisa meniru apa yang dilihatnya. Beberapa waktu lalu, netizen Indonesia sempat dihebohkan dengan kemunculan foto dan video seorang balita yang ketagihan mengisap rokok. Semua terjadi akibat lemahnya pengawasan orang tua.

Di luar negeri juga ada kasus serupa yang memicu kemarahan publik, bahkan langsung memenjarakan si pelaku, bahkan orang tua kandung sang balita.

1. Balita isap ganja

ganja

Ganja merupakan salah satu jenis narkoba yang merusak kesehatan. Sebuah akun media sosial Vine justru menampilkan cuplikan video seorang balita tengah asyik mengisap ganja.

Video yang diunggah akun ‘Chief Smokes’ langsung memicu kemarahan publik, apalagi ada seorang dewasa yang ikut mendampingi aksi gila tersebut. Dalam video tersebut, orang dewasa itu malah menganggapnya sebagai lelucon.

2. Balita minum bir

bir

Netizen China marah besar sewaktu China Central Television (CCTV) menampilkan foto balita tampak menenggak sebotol bir. Balita bernama Tangtang baru menginjak usia 19 bulan, dan sang ayah mengaku pernah memberikan setetes bir kepada si buah hati saat menghadiri sebuah acara keluarga.

Sang ayah yang berbisnis alkohol juga terus menawarkan Tangtang beragam jenis minuman, entah itu bir, anggur putih dan anggur merah. Awalnya sang ayah hanya iseng, sekarang sang anak justru ketagihan.

3. Balita merokok

rokok

Video seorang balita laki-laki berusia 2 tahun yang tengah merokok memancing amarah netizen. Balita berwajah polos itu dipaksa merokok oleh orang dewasa yang merekam video tersebut.

Atas arahan orang dewasa yang merekam video, sang balita pun menaruh rokok di bibir dan menghisapnya. Aksi tersebut mengundang tawa orang dewasa yang merekam video. Tindakan tak terpuji itu dipenuhi hujan kritikan dan kecaman.

4. Balita isap shisha

sisha

Sebuah video di YouTube memperlihatkan dua bocak kakak-adik yang santai menghisap shisha, rokok khas Timur Tengah. Kedua balita tersebut mau melakukan aksi buruk karena diperintah oleh sang ayah.

Video tersebut mengundang kecaman, terutama kepada sang ayah, yang membiarkan sang anak melakukan tindakan mengancam kesehatan. Konon video itu merupakan rekaman sebuah keluarga di Rusia.