Teknoflas.com – Apple dan Samsung saling mencuri perhatian masyarakat dunia dengan menawarkan dua gadget paling canggih, yakni iPhone 6 dan Galaxy S6. Perseteruan keduanya ternyata menguntungkan konsumen yang sedang mencari smartphone handal untuk memenuhi kebutuhan.

Sayangnya, sebagian kecil konsumen semakin sulit menentukan pilihan karena tak tahu mana yang paling terbaik. Smartphone iPhone 6 dan Galaxy S6 sama-sama mengusung spesifikasi berteknologi tinggi dan desain super keren. Lalu, bagaimana perbandingan kekuatan di antara keduanya?

galaxy s6
Samsung Galaxy S6

1. Prosesor

Galaxy S6 menggunakan chipset buatan sendiri, yakni Exynos 7420. Chipset tersebut jauh lebih adem dan stabil dibandingkan buatan milik Qualcomm. Sedangkan iPhone 6 mengusung prosesor buatan sendiri, yakni chip A8 dengan arsitektur 64-bit.

2. Layar

Perangkat iPhone mengandalkan layar teknologi IPS plus Retina HD, sedangkan Galaxy S6 mengusung display unik yakni layar yang berlapis safir.

3. Baterai

Galaxy S6 mengusung baterai dengan kapasitas 2.550 mAh yang dapat dipakai untuk browsing di dunia maya lebih dari 10 jam. Sedangkan iPhone 6 mengusung baterai dengan kapasitas 1.810 mAh dengan daya tahan sekitar 5 jam 22 menit. Dari segi baterai, Galaxy S6 jauh lebih unggul.

 

 

4. Dimensi

Galaxy S6 mengusung desain dan bodi compact, produk unggulan Samsung ini memiliki dimensi 143.4 x 70.5 x 6.8mm. Sementara itu, iPhone 6 mengusung dimensi lebih pendek dan sedikit tebal, yakni 138.1x 67.0 x 6.9mm.

5. Berat

Salah satu faktor pembeda antara iPhone 6 dan Samsung Galaxy S6 yaitu segi berat atau bobot. Galaxy S6 mengusung bodi berbahan metal dan lapisan layar gorilla glass sehingga lebih berat dari iPhone 6 yang cuma 129 gram.

6. Harga

Samsung Galaxy S6 dilepas ke pasaran dengan harga sekitar Rp 10 jutaan, sedangkan harga termurah iPhone 6 sekitar Rp 9 jutaan. Dari segi harga sebenarnya tidak terlalu jauh, konsumen bebas menentukan berdasarkan budget.

Itulah enam perbedaan antara iPhone 6 dan Galaxy S6 dari segi prosesor, layar, baterai, dimensi, berat dan harga. Masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangan, jadi konsumen cukup memilih berdasarkan keinginan.