Teknoflas.com – Microsoft telah meluncurkan Windows 10 secara online yang bisa diunduh langsung via situs resminya. Kehadiran sistem operasi baru untuk PC dan Notebook sudah dinantikan sejak lama.

Ada sejumlah keunikan dimiliki Windows 10 yang mungkin belum diketahui masyarakat luas. Apakah itu?

fakta menarik windows 10
Fakta Menarik Windows 10 (doc/microsoft.com)

1. Perilisan 190 negara

Microsoft secara resmi mengumumkan via blog-nya bahwa sistem operasi generasi terbaru ini dirilis pada Rabu, 29 Juli 2015. Tercatat ada 190 negara dunia yang mendapat akses unduh dan telah mendukung penggunaan 111 bahasa.

2. Bisa operasikan aplikasi iOS & Android

Pada suatu acara di San Fransisco, Amerika Serikat, awal Mei 2015, Microsoft secara terang-terangan membuka peluang aplikasi iOS dan Android berjalan di sistem operasi Windows 10.

Nantinya aplikasi mobile tersebut berjalan di Windows 10 memakai kode tertentu dan lewat wadah keamanan khusus. Dengan adanya kemudahan ini, Microsoft berharap bisa meningkatkan jumlah aplikasi di Windows Store.

3. OS generasi terakhir

Microsoft mengatakan Windows 10 sebagai sistem operasi terakhir. Pernyataan ini diungkapkan langsung oleh Jerry Nixon selaku developer evangelist Microsoft. Nantinya, Windows 10 bakal menjadi nama abadi yang tidak akan berubah dan terus menerima pembaruan layaknya OS X milik Apple.

4. Tersedia 6 varian

Microsoft telah memastikan bahwa Windows 10 akan terbagi menjadi enam varian yang bisa dipilih menurut keinginan dan kebutuhan pengguna. Ada pun ke-6 varian dimulai dari Windows 10 Home, Windows 10 Pro, Windows 10 Enterprise, Windows 10 Mobile, Windows 10 Education, dan yang paling terakhir adalah Windows 10 Mobile Enterprise.

5. Update gratis

Microsot memastikan pengguna Windows 7, Windows 8.1, dan Windows Phone bisa meng-update sistem operasi di perangkat mereka ke Windows 10 secara cuma-cuma alias gratis.

Kabar ini tentu disambut gembira oleh para pengguna setia Windows. Sayangnya, pemakaian Windows 10 tidak akan selalu gratis. Nanti pengguna diwajibkan membayar untuk pemakaian di tahun selanjutnya.

Harga Windows 10 ditentukan menurut varian yang ada di pasaran. Untuk Windows 10 Home dipatok US$ 109, sementara Windows 10 Professional dibanderol US$ 149,99. Pengecer online Newegg mengatakan salinan OEM (Original equipment manufacturer) sudah dapat dibeli pada 31 Agustus 2015.