Teknoflas.com – Microsoft telah merilis sistem operasi paling anyar, yakni Windows 10, secara global pada hari Rabu, 29 Juli 2015. Sejumlah fitur menarik diyakini bakal memudahkan aktivitas keseharian si pengguna.

Dilansir Teknoflas.com dari laman Time, Windows 10 memiliki 5 fitur mewah yang tak ditemukan pada sistem operasi lain, terutama pesaing utamanya OS X buatan Apple. Apakah itu?

fitur windows 10
5 Fitur Windows 10

1. Layar pintar

Windows 10 dilengkapi dengan Continuum, sebuah fitur sensor layar yang mampu menyesuaikan tata letak perangkat menurut cara pakai si pengguna. Misalkan, pengguna yang memakai OS ini pada layar sentuh, maka secara otomatis tampil dengan menu ukuran kecil dan tombol tebal. Demikian pula ketika dipakai untuk perangkat PC.

2. Edit halaman web

Microsoft Edge merupakan aplikasi browser baru di Windows 10 yang siap memanjakan pengguna. Pastinya, aplikasi peramban ini jauh lebih baik dibandingkan pesaing lain, mungkin saja mengalahkan sang pendahulu, Internet Explorer. Contoh, pengguna bisa mengedit halaman web dengan sejumlah metode, termasuk memakai distabilo atau pena digital.

3. Fitur Snap

Apa sih kegunaan fitur ini? Pastinya, pengguna jadi lebih mudah saat melakukan aktivitas multitasking. Fitur Snap sebenarnya sudah eksis sejak Windows 7, namun mengalami peningkatan atau update yang jauh lebih baik dibandingkan generasi lama.

4. Pencarian lebih efisien

Sebagai salah satu pembuat sistem operasi terkemuka dunia, Microsoft tentu ingin menyajikan kemudahan kepada semua pengguna setianya, termasuk fitur pencarian yang lebih luas. Nanti bar atau kolom pencarian di layar awal Windows 10 dapat menyesuaikan dengan segala sesuatu yang tersimpan di dalam perangkat, web dan cloud.

Tentu saja ini akan membantu pengguna dalam melakukan pencarian. Nantinya hasil pencarian tampil dalam menu pop-up sehingga tak perlu lagi meluncurkan jendela baru secara terpisah. Intinya, fitur pencarian semakin efisien alias hemat waktu.

5. Asisten digital ‘Cortana’

Microsoft juga melengkapi Windows 10 dengan fitur asisten andalan bernama Cortana. Bahkan itu diklaim mampu bersaing melawan Siri, besutan Apple, dalam hal menjalankan perintah suara. Namun Cortana bisa digunakan lebih pribadi dibanding sang kompetitor. Contoh, Cortana memiliki ‘kemampuan membaca’ kebutuhan sang pengguna dalam hal aplikasi hingga berita.