Teknoflas.com – Pada Jumat malam nanti, 31 Juli 2015, Blue Moon bakal hadir menghiasi langit di Indonesia. Fenomena alam ini terjadi pada hampir seluruh belahan dunia dan dapat disaksikan langsung oleh milyaran manusia.

Ini termasuk fenomena alam yang langka, bakal nyesal bila tak melihatnya karena hanya terjadi setiap 2,7 tahun sekali. Meski diberi nama ‘Blue Moon’ atau ‘Bulan Biru’, ternyata tak ada keterkaitan sama sekali dengan perubahan warna pada bulan yang merupakan satelit Bumi.

blue moon di indonesia
Fenomena Blue Moon di Indonesia (doc/timeanddate.com)

Blue moon sebenarnya bagian dari istilah yang mengacu pada fenomena bulan purnama yang terjadi selama 13 kali dalam setahun belakangan. Salah satunya ialah bulan purnama ekstra terang dan penuh, yang kemudian dikenal dengan istilah ‘blue moon’. (Baca: Apa Itu Blue Moon? Berikut Penjelasan & Asal-Usul Dibaliknya)

“Bisa dikatakan bahwa ini kejadian yang sangat langka. Mengapa begitu? Menurut hitungan normal, dalam setahun bulan hanya mengalami fase penuh sebanyak 12 kali saja,” tulis Geoff Gaherty, perwakilan dari Starry Night Education seperti dilansir Teknoflas.com dari laman situs Space.com (30/7/2015).

Gaherty mengatakan, rata-rata bulan purnama terjadi setiap 29,53 hari sekali. Pada bulan Februari, jangka waktunya bahkan lebih pendek. Blue moon, menurut pengertian Gaherty, adalah fenomena dimana kondisi bulan purnama lebih terang daripada sebelumnya. Oleh karena itu, kehadiran Blue Moon di Indonesia harus diabadikan lewat sentuhan video dan foto.

Istilah ‘Blue Moon’ digunakan untuk mendeskripsikan peristiwa langka dan unik tersebut. Istilah itu juga dipakai para petani yang tinggal di Maine, Amerika Serikat, untuk mewakili kemunculan bulan purnama ke-3 dalam empat musim.

Ternyata pemakaian istilah ini merupakan kesalahan tafsir pada 1946, ketika itu majalah Sky & Telescope yang menerbitkan sebuah artikel yang mendeskripsikan blue moon sebagai bulan purnama ke-2 dalam satu bulan. Makna itulah yang akhirnya cepat tersebar luas di masyarakat umum.

“Jadi, tak perlu kecewa berat jika malam ini kalian justru melihat fenomena blue moon yang sangat putih,” ungkap Gaherty. Blue Moon di Indonesia akan muncul sepanjang malam ini, Jumat 31 Juli 2015, sejak pukul 18.43. Oleh karena itu, siapkan kamera untuk mengabadikan fenomena alam yang langka dan unik ini.