Taksi Hantu Sedang Berkeliaran Di Peta Uber

uber_iphone

Teknoflas.com – Jika Anda pengguna layanan aplikasi taksi Uber, pastinya Anda tahu ikon mobil kecil berkeliaran di peta yang sedang Anda buka ketika hendak menunggu taksi pesanan Anda datang.

Ya, ikon mobil yang bergerak di dalam peta tersebut merupakan taksi-taksi yang sedang berada dalam jarak terdekat dengan Anda, dan salah satunya adalah taksi pesanan yang sedang dalam perjalanan menuju lokasi Anda berada.

Namun, rupanya ikon mobil tersebut disebut dengan istilah `taksi hantu`. Lembaga riset dari Think-Tank Data & Society telah mengungkap bahwa ikon mobil ini rupanya palsu, melainkan bukan merupakan taksi yang sedang berada di jarak terdekat dengan penumpang.

Berdasarkan informasi yang dilansir Beta News, Sabtu (1/8/2015), tim riset Think-Tank menjelaskan bahwa banyaknya ikon mobil yang beredar di peta Uber tersebut tidak seakurat dengan jumlah kendaraan Uber yang sebenarnya berada dekat dengan si penumpang.

“Mengapa Uber bisa menghadirkan ikon mobil yang begitu banyak di peta namun kenyataannya kendaraan armadanya tidak sebanyak yang ada di petanya? Karena mereka ingin para penumpangnya merasa bahwa banyaknya ikon mobil tersebut dapat membuat mereka lebih nyaman ketika menunggu kendaraan pesanannya datang,” tutur Alex Rosenblat, salah satu pelaku riset Think-Tank.

Ia menambahkan, taksi hantu tersebut sejatinya hanya sebuah efek visual yang pihak Uber buat seakan-akan hanya untuk membuat banyaknya kendaraan yang ada di peta. Sayangnya, banyaknya kendaraan tersebut hanyalah terjadi di peta.

Hal ini langsung ditampik oleh pihak Uber di Inggris. Mereka menjelaskan bahwa hal tersebut tidak benar. “Hal ini mustahil. Ikon mobil yang penumpang lihat di peta jelas-jelas kendaraan mobil yang benar-benar berjalan di jarak jangkauan terdekat si penumpang.” katanya.

Sampai saat ini, kesimpangsiuran terkait apakah taksi hantu tersebut benar hadir di peta Uber masih dipertanyakan. Namun, sampai saat ini para penumpang Uber belum mengeluh terkait apakah mereka memiliki kendala menunggu kendaraan pesanannya datang, sementara ikon mobil banyak beredar di peta aplikasi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *