Motor Bebek

Kelebihan & Kekurangan Motor Bebek Yang Wajib Diketahui

Teknoflas.com – Harus diakui bila angka penjualan motor bebek terus mengalami penurunan dalam beberapa tahun terakhir. Walaupun konsumen mulai beralih pada motor skutik, tak ada yang bisa menggantikan keberadaan motor manual jenis bebek.

Motor bebek sudah begitu lama merajai industri kendaraan roda dunia, terutama di Eropa pada tahun 1950-an. Ukuran mesin pun beragam, mulai dari 50 cc hingga 125 cc, ada juga motor dengan kapasitas mesin lebih besar. (Baca: Kelebihan & Kekurangan Motor Skutik Yang Wajib Diketahui)

Motor Bebek
Motor Bebek

Keberadaan motor skutik dan motor bebek memberi pilihan bagi konsumen Indonesia untuk memilih kendaraan roda dua sesuai kebutuhan. Lalu, apa saja kelebihan dan kekurangan motor bebek?

Kelebihan Motor Bebek

Berbicara soal pemakaian bahan bakar, motor bebek jauh lebih hemat dibanding skutik. Hal ini dikarenakan Rotasi Per Menit (RPM) motor bebek selalu lebih rendah dibandingkan mesin otomatis.

Coba lakukan perbandingan antara Honda Vario Techno 125 dan Honda Supra X 125 PGM FI. Keduanya sama-sama mengusung mesin mesin 125 cc, tetapi Honda Vario Techno 125 hanya menempuh jarak 52,1 km per satu liter bensin sedangkan Honda Supra X 125 bisa menempuh jarak 86 km per satu liter bensin. Demikian dilansir Teknoflas dari laman Hondacengkareng.

Selain lebih hemat konsumsi bahan bakar dan jarak tempuh lebih jauh, perawatan mesin motor bebek relatif lebih murah. Sedangkan perawatan motor skutik lebih rumit, seperti CVT wajib dibersihkan tiap 5.000 km, sedangkan v-belt dan roller perlu diganti setiap 20.000 km.

Kekurangan Motor Bebek

Dimana ada kelebihan, pasti ada kekurangan. Ada pun kelemahan motor bebek terletak pada bagian busi. Sangat rentan mengendarai motor bebek saat hujan, busi terkena air bisa menyebabkan mesin mati mendadak. Desain kendaraan yang sedikit terbuka, membuat busi rentan kena air.

Baca Juga  Mengapa Mesin Motor Overheat? Ini Penyebab & Solusinya!

Kapasitas bagasi motor bebek jauh lebih kecil dibandingkan skutik, bahkan tak ada ruang di antara kaki juga menjadi nilai minus. Tak heran bila tak menjadi pilihan konsumen yang suka membawa barang-barang berat saat berpergian.

Walaupun makin banyak motor bebek mengusung desain futuristik, namun perlindungan kaki pengendara tetap dikesampingkan. Jadi, saat melintas di jalanan berlumpur atau hujan, kaki pengendara dan penumpang ikut terkena cipratan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *