Noda Kopi (doc/liputan6.com)

Metode Ampuh Menghilangkan Noda Kopi Di Baju, Sofa & Karpet

Teknoflas.com – Minum secangkir kopi di pagi hari sebelum berangkat ke kantor sudah menjadi rutinitas wajib bagi sebagian orang dewasa. Akan tetapi, bencana akan datang saat kopi tumpah lalu mengenai baju, kursi sofa dan karpet. Selain kesal dan marah lantaran terkena cipratan air panas, kopi meninggalkan noda membandel di permukaan kain.

Noda kopi meninggalkan bekas yang tak mudah hilang begitu saja, walaupun sudah melakukan proses pembersihan secepat mungkin. Sebenarnya, ada sejumlah langkah-langkah penting yang harus dipahami supaya noda tersebut hilang selama-lamanya.

Noda Kopi (doc/liputan6.com)
Noda Kopi (doc/liputan6.com)

Berikut ini langkah tepat membersihkan noda kain akibat tumpahan kopi seperti dilansir Teknoflas dari laman GoodHouseKeeping, Jumat (31/7/2015). Sekarang tak perlu lagi khawatir kain kesayangan ketumpahan kopi.

Noda Kopi Di Pakaian

Usai pakaian kena tumpuhan kopi, segera buka dan gosok noda lalu rendam di air dingin kurang lebih 30 menit. Campurkan deterjen penghilang noda terlebih dahulu ke rendaman sebelum mencuci seperti biasa. Setelah itu, pakai pemutih klorin. *catatan penting: pakai deterjen dengan enzim jika pakaian terkena kopi yang mengandung krim atau susu.

Noda Di Kursi Sofa

Tak perlu panik saat tumpahan kopi membahasi kursi sofa. Siapkan wadah yang berisi dua gelas air dingin, lalu campurkan satu sendok makan sabun cuci piring cair dan aduk rata. Untuk menggosok noda di kursi sofa, dianjurkan memakai kain putih. Lakukan terus menerus hingga noda hilang, bilas pakai air dingin dan keringkan.

Noda Di Kain Karpet

Ketika tumpahan kopi mengenai kain karpet, segera hilangkan noda secepat mungkin. Buat larutan ramuan dari dua cangkir air hangat, satu sendok makan cuka putih dan satu sendok makan sabun cuci piring cair, campurkan semuanya secara merata. Untuk membersihkan noda, gosok tumpahan kopi dengan kain putih bersih secara berulang-ulang. Setelah itu, gosok permukaan kain karpet dengan kain kering lalu bilas pakai spons yang dicelupkan air dingin.

Itulah sejumlah metode ampuh menghilangkan noda kopi di pakaian, kursi sofa dan kain karpet. Segera lakukan pembersihan secepat mungkin guna mengurangi kemungkinan noda membekas sulit hilang permanen di permukaan kain. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *