Teknoflas.com – Cara Praktis Setting Windows 8. Mungkin bagi sebagian orang yang menggunakan windows versi sebelumnya kurang familiar akan tampilan baru dari Windows 8. Untuk pengguna baru pun harus beradaptasi agar bisa mengenali sistem operasi terbaru dari Microsoft ini.

Tips Setting Windows 8

Berikut ini beberapa tips mengenal dan setting Windows 8 dikutip dari Kompas.com.

1. Instalasi Ulang Windows

Inilah fitur yang akan terasa berguna apabila ada yang salah dengan sistem. Windows 8 memiliki dua rutin install ulang baru. Tools ini bisa diakses dari halaman “Change PC Settings”, klik tombol ” Windows + C” lalu klik “Settings”).

Tips Setting Windows 8

Dari halaman “PC settings”, arahkan ke menu “General”. Di sana terdapat pilihan “Remove everything and reinstall Windows”.

Fitur ini berbeda dari sebelumnya, untuk melakukan instalasi ulang Windows 8, pengguna tak perlu repot-repot mencari disc driver atau serial code karena semua hal yang diperlukan sudah tersedia, tersembunyi dalam hard disk.

Mengembalikan komputer seperti keadaan awalnya pun dibuat sangat mudah dengan hanya beberapa kali klik.

Sebagai pilihan lain, pengguna bisa memilih opsi “Refresh your PC without affecting your files” yang akan mengembalikan konfigurasi sistem operasi ke setting awal dengan tetap mempertahankan dokumen, pengaturan, program pre-installed, serta aplikasi yang dipasang pengguna.

2. Shortcut Keyboard

Tampilan baru Windows 8 sangat sesuai untuk perangkat baru yang memiliki touchscreen, namun bagaimana dengan laptop atau desktop lawas yang tak dibekali kemampuan itu?

Tips Setting Windows 8

Shortcut keyboard bisa membantu meminimalisir jumlah klik dan dragging yang diperlukan dalam bernavigasi di Windows 8. Kombinasi tombol [Windows+C], misalnya, akan menampilkan Charms bar. Tombol Windows sendiri apabila ditekan akan menampilkan Start Screen.

Ingin mencari program? Kombinasi [Alt+Tab] akan menampilkan menu “All Apps”.

3. Docking Aplikasi

Pada Windows 7, window aplikasi bisa diatur agar “menempel” (snap) di salah satu sisi layar dengan cara meng-klik dan menggeser title bar ke sisi layar yang bersangkutan.

Tips Setting Windows 8

Windows 8 mengambil langkah lebih jauh dengan memungkinkan pengguna menjalankan aplikasi Start page (misalnya Weather atau Bing) di salah satu sisi layar sementara desktop tetap bisa diakses.

Alhasil, pengguna bisa terus memantau feed Twitter sambil mengedit gambar di Photoshop, atau melihat keadaan cuaca sambil mengerjakan spreadsheet di Excel.

Untuk melakukan ini, klik dan geser sebuah aplikasi Start page dari sisi atas ke sisi samping layar. Lebih dari satu aplikasi bisa dijalankan dengan cara seperti ini.

4. File History

Fitur “mesin waktu” Windows 8 ini memantau dokumen-dokumen penting dan bisa mengembalikannya apabila terhapus secara tidak sengaja atau menjadi corrupt.

Tips Setting Windows 8 4

Fitur berguna ini tidak diaktifkan secara default, jadi pengguna harus menyalakannya terlebih dahulu adengan cara mengakses Control Panel dan membuka panel sekuriti.

Akan tetapi, untuk bisa bekerja, File History memerlukan hard disk kedua, baik internal, eksternal, ataupun berada di dalam jaringan.

5. Dukungan ISO

Windows 7 datang dengan ISO burner terintegrasi. Selain membakar file ISO ke CD atau DVD, Windows 8 bisa bertindak lebih jauh dengan dapat membuka file ISO (dan VHD) secara native.

Tips Setting Windows 8

Untuk melihat apa yang ada di dalamnya, cukup klik dua kali sebuah file ISO. Untuk menjalankannya, klik kanan dan pilih “Mount”.