TeknoFlas.com – Samsung Galaxy S4 diklaim sebagai smartphone terbaik saat ini mempunyai segudang fitur yang ada didalamnya. Tak terkecuali sensor yang disematkan pada ponsel pintar produsen asal Korea Selatan ini. Adapun fitur unggulan dari Galaxy S4 sudah TeknoFlas bahas sebelumnya.

Sensor Galaxy S4

Nah, fitur yang ada didalam Galaxy S4 tersebut berjalan dengan baik tentu membutuhkan serangkaian sensor khusus yang bisa mendeteksi gestur terkait. Apa saja sensor yang ditanamkan Samsung pada Galaxy S4?

1. Sensor Gesture
Sensor ini mampu mengenali pergerakan tangan pengguna melalui sinar infrared. Dua buah sensor yang diletakan bersebelahan dengan kamera ini memungkinkan pengguna tak perlu bersentuhan langsung dengan layar.

Contohnya, ketika membuka beberapa koleksi foto, cukup sapu tangan Anda di atas layar dan sensor akan membaca pergerakan ke kanan atau ke kiri. Fitur yang menggunakan sensor ini ialah Air Gesture.

2. Sensor Proximity
Sensor ini dapat mengenali jauh-dekatnya perangkat dari wajah pengguna. Perangkat secara langsung melakukan panggilan suara dan mematikan layar untuk mencegah sentuhan tak terduga ketika pengguna sedang menggunakan Galaxy S4.

3. Sensor Gyro
Sensor yang dapat mengenali inklinasi ini digunakan pada fitur Smart Control yang dapat mengenali wajah pengguna ketika sedang menatap layar. Ini juga dapat berfungsi untuk menggulirkan layar ke atas dan bawah hanya dengan menggerakkan Galaxy S4.

4. Sensor Akselometer
Sensor yang bisa mengukur pergerakan perangkat, ini dapat digunakan sebagai pasometer yang dapat menghitung banyaknya langkah pengguna.

5. Sensor Barometer
Barometer berperan untuk mengukur tekanan atmosfir di lokasi serta ketinggian lokasi. Karena barometer dapat menghitung berapa banyak kalori yang dibakar sesuai dengan tekanan atmosfer, maka Samsung menggunakan sensor ini untuk memperkuat fitur S Health.

6. Sensor Geomagnetik
Sensor ini dapat mendeteksi medan magnetik melalui tiga sumbu. Sensor ini digunakan untuk Digita Compass MAP.

7. Sensor Temperatur
Sensor ini mampu mengidentifikasi suhu udara dan tingkat kelembapan di lingkungan sekitar menggunakan lubang kecil yang ditempatkan pada bagian bawah perangkat.

8. Hall Sensor
Sensor ini mengenali apakah aksesori S Cover tengah terpasang atau tidak. Aksesori ini dijual terpisah dengan harga sekira Rp400 ribu.

9. Sensor RGB
Bisa menghitung kecepatan cahaya dan mengaplikasikannya pada layar Samsung Adapt (Samsung Adapt Display), yang akan mengoptimalkan tingkat kecerahan dan ketajaman pada layar. Lewat sensor ini diklaim dapat mengurangi kelelahan mata berhadapan dengan layar ketika membaca e-book atau menjalankan aplikasi lainnya.