Teknoflas.com – Pergi jalan-jalan ke tempat wisata menarik di berbagai belahan dunia bisa dilakukan dengan dana terbatas sehingga muncul istilah backpacker. Tak seperti liburan pada umumnya, seorang backpacker menyiapkan segala sesuatu dari awal tanpa bantuan pihak ketiga demi menghemat pengeluaran.

Lalu, bagaimana menikmati liburan ala backpacker dengan dana minim? Teknoflas.com telah merangkum 6 tips yang dilansir dari laman Studenuniverse.

backpacker

1. Efisiensi

Agar tidak menemui kesulitan selama perjalanan, selalu berpegang teguh pada prinsip efisiensi. Hal terpenting yang sering dilupakan oleh backpacker yaitu membawa barang terlalu banyak. Bawaan terlalu banyak justru membuang uang untuk hal sepele, seperti biaya bagasi pesawat.

2. Penginapan plus dapur

Memilih penginapan dengan sarapan pagi merupakan pilihan umum bagi wisawatan yang punya dana memadai dan tak ingin repot mencari makanan di pagi hari. Padahal penginapan yang dilengkapi dapur justru lebih dianjurkan bagi backpacker. Selain harga lebih murah, ada kebebasan membuat sarapan pagi hingga bekal makan siang dan makan malam untuk dinikmati dalam perjalanan wisata. Penginapan plus dapur bantu menghemat pengeluaran makan harian.

3. Pemesanan awal

Sebelum backpacking ke suatu tempat, carilah informasi terlebih dahulu seputar daerah tersebut terutama tarif penginapan. Luangkan waktu browsing guna mengetahui harga sewa penginapan serta lakukan pemesanan awal untuk mempermudah pengaturan perkiraan biaya.

4. Bawa camilan

Jangan lupa bawa cemilan atau makanan ringan untuk melawan lapar yang kerap datang tiba-tiba. Pilih camilan yang tidak memakan banyak tempat alias mudah disimpan dan dibawa ke mana saja. Camilan dari negeri sendiri harganya jauh lebih murah daripada di luar negeri, langkah ini tergolong ampuh menghemat pengeluaran.

5. Berjalan

Rahasia utama backpacker menghemat pengeluaran selama liburan yaitu berjalan kaki dan menggunakan kendaraan umum daripada naik taksi. Berjalan kaki dan naik kendaraan umum justru lebih baik untuk menikmati pemandangan sekitar. Jika memungkinkan, coba sewa alat transportasi seperti sepeda atau sepeda motor, harga masih ringan di kantong.

6. Beritahu orang lain

Sebelum memutuskan pergi liburan, ada baiknya memberitahu orang lain seputar rencana perjalanan. Langkah ini punya banyak tujuan, salah satunya sebagai penolong saat menghadapi situasi genting yang terkait masalah keuangan.