Teknoflas.com – Meski Apple mengklaim iPhone adalah perangkat yang aman dari serangan virus, bukan berarti tak ada ancaman yang mengintai para pengguna smartphone ini.

Sekarang ini pengguna iPhone memakai perangkatnya untuk menyimpan sejumlah informasi penting. Oleh karena itu, langkah pengamanan sangat diperlukan guna mencegah penyalahgunaan atau tindakan tak bertanggung jawab.

Berikut ini tujuh langkah mencegah iPhone diretas atau disalahgunakan oleh para hacker untuk kejahatan.

Lindungi iPhone Dari Hacker (doc/techtimes.com)
Lindungi iPhone Dari Hacker (doc/techtimes.com)

1. Aktifkan Touch ID

Cegah orang lain memakai dan mengakses data-data pribadi yang tersimpan di smartphone. Kunci layar iPhone dengan mengaktifkan Touch ID. Masuk ke Settings -> tab General -> Touch ID & passcode lock. Nantinya pengguna bebas memilih, entah itu memakai pemindaian sidik jari atau mengaktifkan PIN.

2. Pakai Passphrase

Masih meragukan keamanan PIN? Gunakan passphrase. Masuk ke Settings -> Touch ID & Passcode -> nonaktifkan Simple Passcode. Pilihan ini menciptakan kode password lebih kompleks dan panjang dengan kombinasi simbol, angka, huruf besar dan kecil.

3. Penghapusan Otomatis

Kehilangan iPhone karena dicuri orang lain tentu mengkhawatirkan, apalagi ada sejumlah data-data penting di dalamnya. Demi mengantisipasi kejadian tak diinginkan, segera aktifkan fitur penghapusan otomatis. Semua data akan terhapus otomatis bila salah memasukkan PIN hingga 10 kali. Masuk ke Settings -> Erase data untuk mengaktifkan penghapusan otomatis.

4. Pengaturan Pribadi

Banyak aplikasi di iPhone yang terhubung langsung dengan segala sesuatu di dalam smartphone. Oleh karena itu, masuk ke Settings -> Privacy untuk membatasi izin aplikasi mengakses informasi. Di bagian ini, pengguna bisa melihat informasi apa saja yang tengah diakses, pilih saja yang mau dimatikan atau dinyalakan.

5. Matikan Notifikasi

Fitur notifikasi di lock screen sangat membantu pengguna smartphone, namun berbahaya juga karena orang lain bisa melihat isi pesan masuk, kegiatan kalender hingga informasi penting. Ada baiknya mematikan notifikasi ini guna membatasi orang lain yang iseng melihat informasi di lock screen.

6. Matikan Siri

Siri tetap aktif meski iPhone dalam keadaan terkunci. Orang lain pun dapat memakainya untuk mengetahui informasi pribadi tentang pemilik smartphone. Masuk ke menu Settings -> Touch ID & passcode -> nonaktifkan ‘Allow access when locked’ di Siri untuk menonaktifkan fitur ini.

7. AutoFill

Fitur ini membuat ketikan jadi lebih mudah dan cepat. Secara otomatis, fitur ini akan mengisi kolom-kolom nama, username, password hingga detail kartu kredit di browser Safari. AutoFill akan sangat berbahaya bila iPhone dipakai orang lain. Matikan fitur ini dengan mengakses Settings -> General -> Passwords & AutoFill.