Teknoflas.com – Kumpulan foto gedung Medan Plaza terbakar hebat tersebar luas via jejaring sosial. Si jago merah yang membara sejak Sabtu dini hari pukul 01.30 WIB belum berhasil dijinakkan meski kedatangan puluhan mobil pemadam kebakaran.

Muncul kekhawatiran jika pusat perbelanjaan tertua yang ada di Kota Medan, Sumatera Utara ini bakal runtuh karena pondasi bangunan mulai rapuh akibat sejumlah ledakan.

Foto Medan Plaza Terbakar
Foto Medan Plaza Terbakar

“Gedung ini sudah terbakar sekitar 12 jam dan kemungkinan bisa rubuh. Usia gedung sudah tua, sekitar puluhan tahun. Kejadian ini bukan yang pertama kali, bahkan sudah terbakar hingga ketiga kalinya. Oleh karena itu, warga disarankan tak boleh berada dekat area,” ucap Panjaitan salah satu petugas pemadan kebakaran.

Sementara itu, Wakil Kepala Polresta Medan AKBP Yusuf Hondawantri belum bisa menyimpulkan penyebab Medan Plaza terbakar. Berdasarkan informasi sementara, api diduga berasal dari lantai dua, tempat restoran siap saji berada.

foto medan plaza terbakar 3

“Informasi yang kami terima, api berasal dari lantai dua. Kemungkinan besar berasal dari restoran siap saji. Namun belum ada yang pasti karena masih terus kami dalami. Saat ini pihak kepolisian baru mengumpulkan sejumlah saksi-saksi,” ungkap Yusuf.

Sementara itu, akibat kebakaran hebat ini terjadilah kemacetan panjang di Jalan Jenderal Gatot Subroto Medan dan Iskandar Muda. Kendaraan yang melintas sulit bergerak dan pengemudi bisa melihat kepulan asap hitam yang melambung tinggi.

foto medan plaza terbakar 2

Medan Plaza terbakar turut disertai dengan munculnya suara ledakan yang mengundang kekhawatiran warga yang tinggal di sekitar bangunan. Mereka mengaku khawatir ledakan tersebut akan mengenai rumah-rumah warga.

Sejumlah foto Medan Plaza terbakar memperlihatkan kerumunan masyarakat yang berada di sekitar lokasi kejadian. Mereka datang dengan rasa penasaran mengingat pusat perbelanjaan itu sudah menjadi bagian dari ‘legenda’ di ibukota Provinsi Sumatera Utara.

foto medan plaza terbakar 1

Melihat warga yang terus berdatangan, petugas meminta mereka agar menjauh dan mengambil jarak 100 meter dari titik lokasi kebakaran. Walaupun sudah berdiri di jarak 100 meter, warga masih bisa merasakan hawa panas dari si jago merah. Foto Medan Plaza terbakar yang tersebar luas di sosial media memperlihatkan bahwa peristiwa ini sangat tragis.