Teknoflas.com – Dalam beberapa hari terakhir, berita seputar penggusuran Kampung Pulo di Jatinegara, Jakarta Timur, meramaikan sejumlah media nasional. Kericuhan sempat terjadi karena warga menolak pindah sebelum menerima ganti rugi yang layak.

Terlepas dari itu, Kampung Pulo ternyata menyimpan sejumlah cerita mistis yang menyebar luas ke semua kalangan warga yang bermukim di sana. Beberapa di antaranya yaitu cerita-cerita yang bikin merinding, apalagi daerah ini dikelilingi oleh Ciliwung yang sudah terkenal dengan keangkeran dan mitos.

Ilustrasi Buaya Buntung (doc/bintang.com)
Ilustrasi Buaya Buntung (doc/bintang.com)

1. Buaya buntung

Warga Kampung Pulo percaya jika daerahnya memiliki ‘penjaga gaib’. Selama bertahun-tahun, warga sekitar percaya dengan keberadaan buaya buntung yang menghuni Ciliwung. Buaya tanpa ekor itu tak bisa dilihat secara kasat mata, hanya orang-orang tertentu yang pernah melihat sosoknya.

Hewan berkaki empat itu muncul sebelum peristiwa besar untuk memperingati warga. Buaya buntung disebut pernah muncul beberapa hari sebelum banjir besar pada 1996, 2002, dan 2007. Oleh karena itu, meskipun daerah ini sering dihantam banjir besar, namun tak ada satupun korban jiwa.

2. Gagu & Sengkok

Warga Kampung Pulo juga meyakini keberadaan dua mahluk halus, yakni Gagu dan Sengkok. Keduanya tidak merugikan warga sekitar, melainkan menjaga harta benda para warga. Menurut cerita warga pada tahun 2001 silam, pernah ada maling yang mengambil motor milik warga Kampung Pulo.

Usai membawa lari motor tersebut, si maling justru tak bisa keluar dari wilayah Kampung Pulo. Si Gagu dan Si Sengkok malah mengajaknya berkeliling sekitar area tersebut. Setelah menemukan jalan keluar, si maling malah melihat sosok orang tinggi besar yang berdiri di depan gerbang. Sosok tersebut tak mengizinkan ia lewat, padahal sekitar wilayah Kampung Pulo tak memiliki gerbang apa pun

Itulah dua cerita mistis terkait keberadaan Kampung Pulo dikelilingi oleh Ciliwung. Semua kisah di atas tak diketahui kebenarannya, namun bikin merinding dan penasaran setiap kali diceritakan.