Teknoflas.com – Tempat wisata alam di Semarang tak kalah dari kota-kota lainnya di Jawa Tengah. Ada sejumlah destinasi wajib dikunjungi karena mengusung panorama keindahan yang tak terlupakan. Yuk bahas satu per satu!

Air Terjun Kali Pancur
Foto Air Terjun Kali Pancur

1. Pantai Maron

Letaknya di sebelah barat Kota Semarang yang bisa ditempuh dari Perumahan Graha Padma, Krapyak atau Bandara Ahmad Yani. Lokasinya tidak jauh dari jalan raya, hanya berjarak sekitar 3 KM. Bila berjalan kaki dari ujung perumahan Graha Padma memakan waktu tempuh 30 menit, sedangkan 10 menit memakai kendaraan.

2. Taman Lele

Kampung wisata dengan panorama alam asri yang dihiasi danau buatan untuk bermain sepeda air. Bermain di sekitar danau buatan dijamin nggak bikin bosan, hawa sekitar terasa menyejukkan karena dikelilingi pepohonan rindang. Hiburan lain yang bisa dinikmati oleh pengunjung adalah kebun binatang mini dengan beraneka ragam satwa seperti burung cenderawasih, kelinci, iguana, buaya, ular dan merak.

3. Pantai Marina

Letaknya di jalan Yos Sudarso yang bersebelahan dengan Puri Mareokoco atau sekitar 4 KM dari Tugu muda. Air laut pantai agak sedikit kecoklatan pada musim hujan karena sisi timur pantai adalah wilayah sungai banjir kanal barat bermuara. Untuk menikmati keindahan pantai, pengunjung membayar tiket seharga Rp. 3000.

4. Air Terjun Kali Pancur

Salah satu tempat wisata alam di Semarang yang berlokasi di Desa Nogosaren. Air terjun ini memiliki ketinggian 150 meter yang dihiasi pepohonan hijau dan bebatuan alam. Untuk menikmati keindahannya, pengunjung harus siap menempuh 900 anak tangga. Di sekitar lokasi juga terdapat sejumlah goa walet.

5. Pantai Tirang

Letaknya di Desa Tambakrejo, Kecamatan Tugu, yang memungkinkan pengunjung melihat langsung kegiatan nelayan yang membudidayakan rumput laut. Sekitar pantai dihiasi pohon mangrove nan eksotis dan pengunjung dapat menikmati keindahan terumbu karang di areal seluas 240,70 hektar.

6. Goa Kreo

Inilah salah satu tempat wisata alam di Semarang yang sangat populer di kalangan wisatawan. Goa ini terbentuk secara alami dan merupakan salah satu tempat bersejarah bagi walisongo. Goa Kreo menawarkan keindahan tak terlupakan karena berdekatan dengan waduk Jatibarang.