Teknoflas.com – AC Milan mengawali Serie A musim 2015/16 dengan kekalahan menyakitkan 2-0 atas tuan rumah Fiorentina. Honda dkk tak bisa berbuat banyak dan ditekan oleh pasukan ungu yang terus menyerang tanpa henti.

Sebenarnya, pasukan Sinisa Mihajlovic lebih diunggulkan meraih kemenangan karena menghabiskan jutaan euro untuk membangun tim baru. Berikut ini empat biang kerok kekalahan Milan di pekan perdana Serie A 2015/16.

Biang Kekalahan AC Milan (doc/liputan6.com)
Biang Kekalahan AC Milan (doc/liputan6.com)

Pertahanan payah

Duet Rodrigo Ely dan Alessio Romagnoli diharapkan mampu mengatasi kelemahan di lini belakang, sayangnya harapan masih jauh dari kenyataan. Ely masih tampak gugup dan menerima kartu kuning atas pelanggaran terhadap Nikola Kalinic. Tak berselang lama, sekitar 20 menit, Ely kembali melakukan pelanggaran tak penting.

Alessio Romagnoli sempat bermain apik di babak pertama, meskipun sempat berduet dengan Cristian Zapata. Sayangnya, eks pemain AS Roma itu justru melakukan pelanggaran keras yang membuat Fiorentina kembali unggul 2-0 usai mendapat hadiah penalti.

Bacca melempem

Didatangkan untuk mengatasi posisi striker utama yang tumpul di musim lalu, Bacca masih belum bisa membuktikan dirinya. Duet lini depan bareng Luiz Adriano terlihat kurang efektif, bahkan Bacca begitu egois menembak bola pada menit ke-15.

Penampilan eks penyerang Sevilla itu menurun drastis usai Honda ditarik keluar. Bacca tak bisa memaksimalkan peluang dan menciptakan ruang kosong. Pekan perdana Serie A bukan jadi penghakiman bagi pemain Kolombia tersebut, dia masih punya banyak kesempatan untuk buktikan diri.

Gol indah Alonso

Bek kiri ini tampil fenomenal di pekan pertama, bahkan mencetak gol indah lewat tendangan bebas di menit ke-38. Berdasarkan hasil WhoScored.com, ia mencatat 5 tackle, 6 intersepsi dan tingkat kesuksesan operan 81,4%. Pemain berusia 24 tahun itu juga pandai menjaga lini belakang, tak satupun pemain Milan bisa lepas dari kejarannya.

Taktik Paulo Sousa

Pelatih Portugal ini menerapkan taktik yang bikin para pemain AC Milan frustasi berat. Fiorentina sudah menekan pasukan Mihajlovic sebelum Ely memperoleh kartu merah, bahkan terus menekan saat unggul jumlah pemain hingga unggul dua gol tanpa balas. Taktik Sousa membuat lini pertahanan Milan kehilangan jati diri dan justru melakukan blunder.