Teknoflas.com – Tak jauh berbeda dari smartphone lainnya, daya tahan baterai tetap menjadi isu panas bagi pengguna iPhone. Selama ini ada beberapa cara utama untuk menghemat baterai seperti merendahkan tingkat kecerahan layar hingga mematikan fitur bluetooth dan WiFi bila tak dipakai. Berikut ini lima trik sederhana untuk memperpanjang daya tahan baterai iPhone.

Optimalkan Baterai iPhone (doc/tokopedia.com)
Optimalkan Baterai iPhone (doc/tokopedia.com)

1. Matikan Pelacakan Kebugaran

Seperti diketahui, iPhone dilengkapi dengan fitur Fitness Tracking atau Pelacakan Kebugaran. Sebenarnya itu tidak begitu penting kecuali untuk pengguna berkarakter sporty. Akan tetapi Pelacakan Kebugaran yang terus aktif akan mengambil daya baterai. Lebih baik menghentikan fitur ini, masuk ke Settings -> Privacy -> Motion & Fitness. Cari Fitness Tracking, ubah opsi ke ‘Off’.

2. Nonaktifkan Pemberitahuan

Fitur ‘notifications’ alias pemberitahuan sepertinya hal sepele, namun semakin sering menerima notifikasi justru akan mengurangi daya tahan baterai. Disarankan hentikan beberapa notifikasi kurang begitu penting agar baterai lebih hemat. Coba masuk ke Settings -> Notifications, pilih saja yang ingin di ‘Off’.

3. Hentikan Aplikasi Pelacakan Lokasi

Perlukah mengaktifkan aplikasi pelacakan lokasi? Sebenarnya tidak begitu penting karena hanya menguras banyak daya baterai. Untuk menghentikannya, coba masuk ke Settings -> Privacy -> Location Service untuk memilih opsi ‘Off’ secara manual. Gampang, bukan? Sekarang bisa menentukan mana aplikasi yang perlu atau tidak perlu melacak lokasi.

4. Hentikan Background App Refresh

Sebaiknya menghentikan Background App Refresh sepenuhnya atau bisa juga melihat daftar aplikasi dan menonaktifkan sejumlah aplikasi yang dirasa tidak penting. Coba masuk ke Settings -> General lalu cari background app refresh. Dengan ini daya baterai jadi jauh lebih hemat.

5. Hentikan Efek Parallax

Harus diakui jika efek parallax membuat tampilan iPhone tampak begitu cantik. Akan tetapi efek sampingnya berbahaya yaitu menguras banyak daya baterai. Oleh karena itu, matikan saja fitur ini. Coba masuk ke Settings -> General -> Accessibility lalu pilih opsi ‘On’ pada Reduce Motion.

Itulah lima trik sederhana untuk memperpanjang daya tahan baterai iPhone agar tidak cepat habis.