Teknoflas.com – Siapa JJ Rizal? Dalam beberapa hari terakhir, nama ini terus menghiasi sejumlah media online tanah air terkait kisruh penggusuran Kampung Pulo dan bersitegang dengan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Sebenarnya, pria yang berprofesi sebagai sejarahwan dan penulis ini sempat mencuri perhatian publik warga Depok, Jawa Barat, usai menetapkan diri sebagai bakal calon walikota di sana. Dia mengatakan bakal maju jika Andrinof Chaniago tak bersedia, meskipun desas-desus ini memang baru sebatas ramah di sosial media.

siapa jj rizal
Siapa JJ Rizal? (doc/tempo.co)

“Kalau Andrinof nggak bersedia, gue yang bakal maju,” ungkap Rizal dalam sebuah wawancara dilansir Teknoflas.com dari laman Detik, Senin (25/8/2014).

Siapa JJ Rizal? Sekarang publik dari seluruh pelosok tanah air penasaran dengan sosok dan profil si ‘musuh baru’ Ahok. Dikutip dari laman komunitasbambu.com, Rizal merupakan seorang sejarahwan yang lulus dari Universitas Indonesia Jurusan Sejarah di Fakultas Sastra.

Pria kelahiran Jakarta tahun 1975 ini meraih gelar sarjana di tahun 1998 dengan mengusung ‘Sitor Situmorang: Biografi Politik 1956-1967’. Selepas lulus kuliah, ia pun mendirikan Penerbit Komunitas Bambu (Kobam).

Dikutip dari laman profil JJ Rizal dari berbagai sumber, ia menguasai beragam tema sejarah mulai dari lingkup nasional seperti sejarah lokal Betawi-Jakarta, sejarah kontemporer Indonesia, pergerakan kebangsaan, sejarah tokoh, sejarah sastra, sejarah perempuan hingga sejarah kuliner.

Sebagai warga Depok, Rizal sangat prihatin terhadap kondisi kotanya. Mal dan apartemen terus menghiasi, sedangkan perbaikan infrastruktur kota dan ruang terbuka hijau semakin minim. Ia pun menilai Depok semakin melupakan sejarah.

Rizal pun berusaha mewujudkan Kota Pelajar dan Sejarah yang ramah bagi masyarakat, tak heran ia berniat maju sebagai bakal calon walikota Depok. Siapa JJ Rizal yang sebenarnya? Dia bukan hanya seorang sejarahwan, penulis dan pendiri penerbitan, dia pun tengah berupaya maju sebagai walikota.