Teknoflas.com – Bagaimana cara membuat tarikan mesin sepeda motor lebih bertenaga? Sebenarnya mudah dan sederhana, bahkan tanpa perlu merombak mesin. Pemilik kendaraan roda dua cukup mengatur kombinasi gir. Bagaimana caranya? Ayo simak tips berikut ini.

Meskipun pemilik sering men-servis motor kesayangan, tak jarang tarikan mesin masih terasa kurang responsif. Oleh karena itu, disarankan untuk mengatur rasio final antara gir depan dan belakang agar tarikan mesin lebih bertenaga.

Tarikan Mesin Sepeda Motor
Tarikan Mesin Sepeda Motor

Dikutip Teknoflas.com dari dari laman WeLoveHonda, Selasa 11 Agustus 2015, umumnya sepeda motor bebek punya gir depan dengan 13 mata gerigi dan gir belakang dengan 39 mata gerigi. Dengan demikian, rasio final gir dalam keadaan standar yaitu 3,0 yang diperoleh dari 39:13.

Perlu diketahui, semakin tinggi angka rasio final gir dari keadaan standar, maka tarikan mesin sepeda motor semakin bertenaga. Sayangnya ada efek samping yang ditimbulkan, yakni susah mencapai top speed atau kecepatan tertinggi.

Sebaliknya, top speed justru dapat meningkat bila angka rasio final gir diatur lebih rendah. Hanya saja tarikan mesin di awal bakal terasa kurang greget alias loyo.

Contoh, apabila gir depan tetap mengusung 13 mata gerigi sedangkan gir belakang diganti menjadi 40 mata gerigi, maka peningkatan rasio final gir menjadi 3,07. Peningkatan angka sebesar 0,07 dirasa sudah cukup membuat tarikan mesin sepeda motor jadi lebih bertenaga.

Setelan rasio final gir itu dirasa cocok untuk pengendara yang sering menempuh jalanan perkotaan dalam keadaan macet atau jalanan berbukit-bukit. Bagi mereka yang ingin mengejar top speed atau mengikuti kegiatan touring, disarankan mengganti gir belakang dengan jumlah mata gerigi lebih sedikit dari 39.

Walaupun terbilang efektif untuk meningkatkan tarikan mesin sepeda motor, sebaiknya berkonsultasi dengan mekanik ahli di bengkel resmi sebelum menerapkan tips otomotif ini.