Teknoflas.com – WiFi ibarat sebuah gelombang radio yang bisa terganggu stabilitasnya. Padahal sinyal yang kuat memberi kinerja lebih cepat dan cakupan jarak lebih luas. Oleh karena itu, penting sekali mengetahui konfigurasi dan posisi yang tepat untuk router supaya kekuatan sinyal lebih optimal.

Berikut ini sejumlah tips meningkatkan kekuatan sinyal WiFi agar semakin optimal, cakupan lebih luas dan kinerja lebih cepat.

Tips memperkuat sinyal wifi
Tips memperkuat sinyal wifi

1. Antena ke arah atas

Pada umumnya perangkat router dilengkapi antena fisik yang arahnya bisa ditentukan menurut selera. Bahkan sebagian pengguna router memposisikan antena secara horizontal. Seperti diketahui, antena router harus dalam keadaan tegak atau vertikal ke atas untuk memancarkan sinyal secara maksimal. Apabila router memiliki dua antena fisik, coba atur ke dua arah berbeda. Tenang saja, ini tak akan mengganggu kinerjanya.

2. Posisi router

Tempat meletakkan router perlu dipertimbangkan dengan matang. Jika memiliki rumah besar, sebaiknya perangkat diletakkan di tengah-tengah agar cakupan sinyal lebih maksimal.

Meletakkan router di ujung bangunan sangat tidak disarankan sebab sinyal yang dipancar kurang optimal bahkan jelek. Boleh saja meletakkan router di ujung bangunan bila sinyal terpancar secara merata dan kuat.

Coba letakkan router di tempat tinggi untuk cakupan sinyal maksimum. Jangan taruh di lantai, itu bisa mengurangi kualitas sinyal. Disarankan taruh di rak tinggi.

3. Singkirkan gangguan

Jangan pernah menaruh router berdekatan dengan benda logam ukuran besar seperti lemari arsip atau rak logam yang bisa menghalangi jangkauan sinyal. Demikian pula dengan dinding batu yang dapat memblokir WiFi, sementara dinding plester dan dinding kayu tak menimbulkan masalah apapun.

Sumber gangguan sinyal yang perlu disingkirkan yaitu monitor bayi 2,4 GHz, telepon nirkabel 2,4 GHz, microwave oven dan segala sesuatu yang rentan mengganggu sinyal WiFi dengan gelombang 2,4 GHz.

Jika memperoleh gangguan dari telepon nirkabel, pertimbangkan untuk membeli telepon nirkabel 5,8 GHz yang bekerja pada pita frekuensi berbeda dan tak mengganggu router WiFi.

Itulah tiga langkah sederhana untuk memperkuat jaringan sinyal WiFi agar bisa dinikmati tanpa gangguan dan bekerja lebih optimal. Tidak terlalu sulit, kan?