TeknoFlas.com – Maraknya kejahatan dunia maya membuat Nawala ikut berperan serta untuk menangani kasus ini. Tak cuma memblokir situs-situs porno saja, Nawala berperan melindungi pengguna internet dari situs-situs penipuan alias fraud e-commerce.
e-commerce-website

Saat ini e-commerce di Indonesia berkembang sangat pesat hingga dua kali lipat dari tahun sebelumnya. Tercatat tahun 2011 nilai transaksi e-commerce mencapai Rp 63 triliun. Pada tahun 2012 survei yang dilakukan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mencatat nilai transaksi e-commerce mencapai Rp 126 triliun.

Hal ini berpotensi besar bagi tindak kejahatan dunia maya. Oleh karena itu DNS Nawala secara rutin melakukan pencarian langsung terhadap situs-situs penipuan, selain menerima pelaporan dari pengguna internet ataupun pemangku kepentingan lainnya.

DNS Nawala
Untuk menghindari penipuan atau kejahatan online sebaiknya sebelum Anda membeli di toko online, gunakan DNS Nawala –- 180.131.144.144 dan 180.131.145.145 di setting koneksi Anda. Dengan begitu Anda akan tahu apakah situs toko online tersebut di blokir nawala atau tidak. Jika tidak bisa diakses maka akan tampil gambar seperti dibawah ini.
Nawala Block
Nah, semoga tips diatas bermanfaat untuk Anda yang sering berbelanja secara online.