Teknoflas.com – Tak ingin smartphone kesayangan ‘diintip’ orang lain? Sekarang ini ponsel pintar turut dijadikan tempat untuk menyimpan data-data pribadi yang bersifat rahasia. Tentu anda tak ingin orang lain mengakses segala hal yang bersifat personal.

Demi mengantisipasi ponsel diakses orang lain, sebenarnya android sudah menyuntikkan fitur guest mode pada versi Lollipop. Bagaimana cara mengaktifkan guest mode? Ikuti saja enam langkah mudah berikut ini.

Fitur Guest Mode [doc/androidcentral.com]
Fitur Guest Mode [doc/androidcentral.com]
1. Tarik bar pemberitahuan dengan swipe ke bawah dari atas layar.

2. Ketuk dua kali avatar yang ada di kanan atas.

3. Sekarang muncul tiga ikon yang terdiri atas: Tambah pengguna (Add user), Tambah tamu (Add guest) dan akun Google Anda.

4. Pilih Tambah tamu (Add guest).

5. Smartphone secara otomatis beralih ke guest mode. Proses ini mungkin sedikit memakan waktu dan smartphone berjalan agak lambat. Tetapi pada pengujian dengan Nexus 5, performa smartphone akan kembali lancar setelah beberapa menit.

6. Ketika selesai dengan fitur guest mode, kembali ke akun Google pun sangat mudah. Ikuti saja langkah-langkah yang tertulis pada poin 1 dan 2, kemudian tekan ikon akun Google Anda. Nantinya semua data yang tersimpan dalam guest mode akan terhapus secara otomatis.

Fitur guest mode memang hanya tersedia untuk sistem operasi Android Lollipop. Namun beberapa pabrikan smartphone juga telah menyediakan fitur ini dan tinggal diaktifkan saja secara manual.

Sejumlah pabrikan ternama dunia seperti Huawei, Samsung, LG dan Xiaomi telah menyertakan aplikasi khusus untuk mengaktifkan fitur guest mode di smartphone kesayangan.

Setiap pabrikan memiliki aplikasi andalan yang berbeda-beda. Jadi pengguna smartphone wajib memeriksa drawer aplikasi smartphone untuk mencari aplikasi yang namanya mirip dengan guest mode ataupun kids’ mode.

Guest mode juga hadir pada sejumlah smartphone android yang terpasang pada tingkat sistem. Contoh, fitur ini pada LG G3 bisa diakses langsung dengan masuk menuju Settings, General, Privacy dan tinggal mengetuk Guest Mode.

Selalu aktifkan fitur Guest Mode sebelum menitipkan ponsel ke teman ataupun kerabat demi menjaga privasi. Walaupun sedikit ribet, kerahasian data pribadi memang harus dilindungi dari tangan-tangan jahil.