Teknoflas.com – Selain memperhatikan kesuburan rahim, sperma pria harus sehat supaya wanita lebih cepat hamil. Berdasarkan penelitian pakar kesehatan, kesuburan pria dipengaruhi sejumlah faktor seperti gaya hidup hingga genetika.

Sebuah survei mengungkapkan bahwa sekitar 30% kasus kegagalan hamil akibat infertilitas pria. Bagi pasangan yang tengah merencanakan kehamilan, maka ada delapan hal yang harus dilakukan oleh pria demi meningkatkan kualitas sperma.

Pria Konsumsi Makanan Sehat
Pria Konsumsi Makanan Sehat

1. Turunkan berat badan

Kelebihan berat badan bisa menurunkan jumlah sperma, fakta ini sudah diungkapkan lewat sebuah penelitian. Untuk meningkatkan kesuburan, coba jaga berat badan agar seimbang selalu.

2. Perbanyak buah sayur

Meningkatkan kualitas sperma bisa dilakukan dengan cara sederhana yaitu memperbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan segar. Makanlah setiap hari dan rasakan bedanya.

3. Olahraga

Aktivitas olahraga sudah dikenal lama untuk mengurangi stres dan mendongkrak sirkulasi darah ke seluruh tubuh, termasuk organ reproduksi pria. Rajinlah berolahraga setidaknya 5 kali dalam seminggu.

4. Jauhi alkohol

Disarankan tak mengkonsumsi jenis minuman apapun yang mengandung alkohol karena bisa menurunkan kualitas sperma. Bila ingin cepat punya momongan, kaum pria wajib bebas alkohol.

5. Jauhi steroid

Disarankan menjauhi semua jenis obat, terutama yang mengandung steroid, karena bisa mempengaruhi sistem reproduksi pada tubuh pria.

6. Jauhi berendam air hangat

Bersantai di dalam kolam air hangat memang bermanfaat bagi kesehatan, namun tak disarankan jelang waktu bercinta dengan pasangan. Berendam air hangat bisa mempengaruhi kualitas dan jumlah sperma. Jadi sangat tak disarankan bagi para pria yang ingin ‘siap tempur’.

7. Merokok

Pria punya kebiasaan merokok yang sulit ditekan. Padahal kebiasaan buruk itu sangat mempengaruhi kualitas dan jumlah sperma, bahkan hingga motilitas atau kemampuan sperma untuk berenang. Tak hanya itu, merokok juga dapat memicu disfungsi ereksi sehingga sulit memperoleh keturunan.

8. Jangan bersepeda

Hindari bersepeda jelang waktu bercinta dengan pasangan. Kegiatan olahraga ini bisa meningkatkan suhu di skrotum akibat gesekan. Oleh karena itu, hindari kegiatan ini untuk sementara waktu.

Itulah delapan hal yang wajib dilakukan pria agar kualitas sperma meningkat dan memperbesar peluang pasangan cepat hamil.