Teknoflas.com – Foto Waduk Jatigede bikin penasaran, apalagi bakal dinobatkan sebagai bendungan kedua terbesar di Indonesia. Setelah melewati proses pembangunan yang panjang, akhirnya PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) sukses menyelesaikan proyek ini yang kontraknya dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Menurut penuturan Corporate Secretary PT WIKA Suradi, proyek ini telah dibangun bersama sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) lainnya.

foto Waduk Jatigede
Foto Waduk Jatigede (Dari Atas)

“Diprediksi waduk ini sanggup menampung air hingga 1 miliar meter kubik sehingga berpotensi mengairi sawah dengan luas lahan mencapai 100 ribu hektar,” ungkap Suradi dilansir Teknoflas.com dari laman okezone, Senin, 31 Agustus 2015.

Suradi menambahkan, jika persawahan di sekitar kawasan waduk hanya mampu panen sekali dalam setahun, maka dengan adanya irigasi air dari Jatigede, panen pun bisa ditingkatkan hingga tiga kali lipat atau panen tiga kali dalam setahun.

foto Waduk Jatigede 4

“Dengan adanya peningkatan frekuensi panen tentu bakal berdampak langsung ke penambahan produksi padi yang diprediksi jumlahnya mencapai 900 ribu ton per tahun,” paparnya.

Foto Waduk Jatigede yang memperlihatkan area penggenangan yang begitu luas membuatnya juga berpotensi sebagai pembangkit listrik selain sumber irigasi. Sumber air baku yang begitu besar dimanfaatkan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) dengan potensi daya kapasitas yang dihasilkan mencapai 110 megawatt (MW).

foto Waduk Jatigede 3

Luas Waduk Jatigede yang mencapai hampir 5.000 hektar juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat pembudidayaan ikan tangkap dengan mengusung pengaturan lebih detil sehingga nantinya tak mengganggu kualitas air yang dipergunakan sebagai bahan baku air untuk keperluan rumah tangga.

foto Waduk Jatigede 2

Waduk Jatigede sudah digagas sejak era Presiden Soekarno, namun proyek mulai serius dijalankan pada tahun 2007 silam. Pembangunan dilakukan WIKA bersama tiga BUMN lainnya dan perusahaan konstruksi waduk ternama asal China, Sinohydro, mereka tergabung dalam Consortium of Indonesian Contractors (CIC).

foto Waduk Jatigede 1

Sejak penggenangan dan peresmian pada Senin 31 Agustus 2015, Foto Waduk Jatigede ramai dicari oleh netizen yang penasaran dengan penampakan bendungan kedua terbesar di Indonesia. Setidaknya butuh waktu sekitar 200 hari hingga air menggenangi bendungan ini.