Teknoflas.com – Android Marshmallow baru saja resmi diumumkan oleh Google. Update terbaru ini masih terbatas untuk sejumlah kalangan saja, namun banyak pengguna setia android yang tak sabar ingin mencicipi sistem operasi mobile terbaru itu.

Agar developer ataupun pengguna bisa ikut merasakan sistem baru, Google pun merilis Android M Developer Preview 3. Sayangnya itu hanya bisa terpasang pada perangkat kompatibel seperti Nexus 5, Nexus 6, Nexus 9, dan Nexus Player.

Cara Instal Android Marshmallow
Cara Instal Android Marshmallow

Jadi disarankan tidak menginstalnya di luar rekomendasi perangkat di atas. Proses ini tergolong berbahaya karena bisa menghapus semua data yang tersimpan di perangkat. Sebelum menginstal, harap melakukan backup data terlebih dahulu.

Bagaimana cara download Android Marshmallow?

Versi final Android M preview memiliki nomer seri MPA44G yang akan bekerja pada perangkat Nexus. File harus diunduh dan pengguna wajib melakukan flashing. Agar tidak ribet, lakukan download atau unduh dengan komputer. Berikut proses unduh yang bisa dilakukan pengguna.

1. Unduh ADB Tools lalu ekstrak file zip di komputer.

2. Unduh Android M preview untuk perangkat Nexus lalu ekstrak di folder ADB Tool.

3. Unduh Android M preview untuk perangkat Nexus 5, 6, 9, serta Player.

4. Unlock bootloader.

5. Nyalakan USB Debugging.

6. Pastikan menginstal driver yang relevan di komputer.

Bagaimana cara menginstal Android Marshmallow?

1. Nonaktifkan perangkat Nexus

2. Untuk me-restart perangkat serta masuk ke bootloader, coba tekan dan tahan tombol ‘Volume Down’ dan ‘Power’ secara bersamaan.

3. Gunakan kabel USB untuk menghubungkan komputer dengan perangkat Nexus.

4. Buka windows explorer dan cari firmware yang sudah di-ekstrak dan ditaruh di folder ADB Tools.

5. Cari file flash-all.bat lalu klik dua kali. Tunggu hingga proses selesai.

Setelah perangkat Nexus selesai melakukan reboot, maka perangkat siap menjalankan Android M Preview. Sayangnya beberapa fungsi dari Android Marshmallow belum berjalan sepenuhnya karena masih banyak yang harus diperbaiki oleh Google. Setidaknya bisa sedikit mencicipi sistem operasi anyar dengan tampilan yang tak semua orang bisa memilikinya.