Teknoflas.com – Penemuan ‘Partikel Tuhan’ membuat para ilmuwan dunia penasaran, begitu juga masyarakat awam yang ingin mengetahui hingga melihat langsung. Kini penelitian terhadap partikel itu terus dilakukan demi mengungkap misteri dibalik penciptaan jagad raya.

Ada begitu banyak fakta dibalik penemuan Partikel Tuhan yang wajib diketahui oleh masyarakat awam agar tidak salah paham. Apa itu?

Ilustrasi Partikel Tuhan (doc/merdeka.com)
Ilustrasi Partikel Tuhan (doc/merdeka.com)

1. Asal-usul pemberian nama

Partikel Tuhan merupakan sebutan lain untuk partikel Higgs-Boson. Pemberian nama ‘Partikel Tuhan’ terinspirasi dari buku Leon Lederman yang berhasil meraih penghargaan Nobel, ‘God Particle’.

Sebenarnya judul buku Leon sebelum disensor oleh pihak penerbit adalah ‘Goddamn Particle’ atau ‘partikel sialan’ bila diartikan ke Bahasa Indonesia. Leon terpaksa mengganti kata ‘Goddamn’ menjadi ‘God’ karena permintaan pihak penerbit.

Sementara itu Peter Higgs selaku penemu partikel ini justru menyebutnya Partikel Higgs-Boson bukan Partikel Tuhan.

2. Memakai alat mahal

Daripada para ilmuwan menemukan Partikel Tuhan? Ternyata itu berasal dari mesin penumbuk atom raksasa atau Large Hadron Collider (LHD) yang dibuat oleh ilmuwan CERN (Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir) yang menghabiskan budget hingga Rp 138 triliun.

3. Bagaimana Partikel Tuhan diciptakan?

Mesin LHD milik CERN
Mesin LHD milik CERN

Partikel Higgs-Boson tercipta dari tembakan dua partikel dengan kecepatan cahaya di dalam mesin LHD. Nanti dua partikel itu akan bertabrakan dan menciptakan Partikel Tuhan dengan peluang kecil yakni 1 banding 10 miliar.

4. Partikel Tuhan ungkap awal mula jagad raya

Banyak ilmuwan mengaku takjub saat melihat proses terciptanya Partikel Tuhan dan melihat adanya kesamaan dengan teori Big-Bang, teori yang mengungkap awal mula terbentuknya alam semesta.

“Mesin LHD menembakkan dua partikel ke arah berlawanan. Ketika bertabrakan, muncul energi dahsyat yang tak terlihat lagi sejak Big-Bang,” ungkap ahli fisika dari Universitas New York, Dr. Michio Kaku.

5. Peran Partikel Tuhan di alam semesta

Penemuan Partikel Tuhan merupakan salah satu hasil pencapaian terhebat umat manusia. Partikel ini menjadi kunci utama untuk mengungkap keberadaan alam semesta. Tanpanya alam semesta diduga tanpa kehidupan, tak punya massa, gelap dan dingin.

6. Partikel Tuhan sebabkan kiamat

Keberadaan partikel Higgs-Boson atau dikenal dengan sebutan Partikel Tuhan membuat Stephen Hawking khawatir. Ia berpendapat partikel itu bisa tidak stabil dan berpotensi picu kerusakan dahsyat hingga kiamat.

Menurut Hawking, partikel tuhan menyimpan energi lebih dari 100 miliar gigaelektronvolt (GeV). Bila kondisinya tidak stabil maka menyebabkan ‘vacuum decay’, sebuah bencana terdahsyat di alam semesta.