Teknoflas.com – Seperti diketahui, sistem operasi Android versi 6 telah resmi diumumkan oleh Google dengan nama Marshmallow yang menggantikan versi terdahulu, yakni Lollipop. Banyak pengguna setia robot ijo yang tak sabar mencicipi enaknya ‘Marshmallow’ karena saat ini hanya tersedia Android M Developer Preview 3 untuk perangkat Nexus 5, Nexus 6, Nexus 9, dan Nexus Player.

Ada beragam fitur menarik yang akan dicicipi pengguna seperti modus Doze yang menghemat konsumsi baterai saat perangkat stand by, System UI Tuner untuk mengaktifkan jendela notifikasi secara atraktif dan masih banyak lagi.

Fitur rahasia Android Marshmallow
Fitur rahasia Android Marshmallow

Selain itu, masih ada lima fitur rahasia yang tersimpan rapi di balik kemasan Android Marshmallow seperti dilansir Teknoflas.com dari laman Redmond Pie, Jumat (4/9/2015).

1. RAM Manager versi baru

Pengguna bisa mengatur jumlah RAM yang tersedia secara manual. Cukup pilih Settings ->Apps -> Advanced -> Memory. Nantinya akan terpampang memory management tool baru yang memaksa smartphone atau tablet menghentikan aplikasi tertentu yang tak diinginkan demi lebih banyak lagi kapasitas memori.

2. Dual Band Hotspot Tethering

Fitur Hotspot Android semakin keren dengan peningkatan menjadi dual band. Nantinya pengguna bebas pilih antara 2.4GHz dan 5GHz, tentunya semua tergantung hardware yang dipakai. Bila dapat menjalankan jaringan 5GHz di smartphone atau tablet, maka muncul pilihan untuk mengkonfigurasi Hotspot. Nantinya cukup pilih opsi 5GHz di Config AP Band. Gampang banget, kan?

3. Hapus Aplikasi dari Launcher

Pengguna bebas menghapus aplikasi langsung dari launcher Google Now. Cukup drag aplikasi tak diinginkan ke atas atau kanan layar. Mudah dan sederhana.

4. Quick Scroll Vertikal

Marshmallow punya Drawer Aplikasi dengan mode scroll secara vertikal, tak seperti di Lollipop. Jika tablet atau smartphone punya banyak aplikasi, semua bisa diakses cepat cukup dengan scroll ke atas-bawah. Aplikasi cepat ditemukan dengan menekan huruf yang munul di bagian kiri layar.

5. Volume Ringtone, Alarm dan Musik

Android Marshmallow memungkinkan pengguna mengatur volume suara smartphone untuk situasi berbeda, entah itu ringtone, alarm dan musik. Untuk melihat slider tambahan, cukup menekan tanda panas ke atas saat volume control muncul di layar.