Teknoflas.com – Menikmati secangkir kopi hangat tentu sangat disukai semua orang. Meskipun sangat bermanfaat bagi tubuh, minuman berwarna hitam ini bisa berbahaya bila dikonsumsi dalam jumlah berlebihan.

Supaya terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan yang mengancam kesehatan, sebaiknya mengetahui empat efek berbahaya dari banyak minum kopi seperti dilansir Teknoflas.com dari laman medicaldaily.

Efek Bahaya Kopi
Efek Bahaya Kopi

1. Cemas & Psikosis

Pengaruh kopi sangat kuas untuk otak karena minuman ini mengandung kafein yang ‘menipu’ otak agar orang yang minum kopi tidak mengantuh. Kafein akan memicu pelepasan adrenalis dan dopamin sehingga mata tetap melek. Menurut hasil studi, seseorang yang menderita gangguan kecemasan biasanya mengonsumsi kopi secara berlebihan. Biasanya sangat efek dengan fobia sosial atau serangan panik. Intinya, pecandu kopi lebih sensitif dan gampang tersinggung.

2. Delusi & Halusinasi

Pakar kesehatan tak menyarankan minum kopi sekitar 500 miligram per hari atau setara lima cangkir sehari. Hal ini bisa menyebabkan pencandu kopi terkena skizofrenia sehingga mengalami delusi dan halusinasi. Fakta ini turut diperkuat dengan penelitian La Trobe University in Melbourne, Australia.

3. Gelisah & Gugup

Kopi memiliki efek stimulan yang mempengaruhi aktivitas motorik. Mereka yang minum 50 miligram kafein per hari akan mengalami peningkatan detak jantung dan agitasi. Intinya, banyak minum kopi memacu kegelisahan, kejang otot, peka terhadap cahaya, pandangan kabur dan mata berkedut.

4. Osteoporosis

Seperti diketahui, kekuarangan kalsium di dalam tubuh memicu pengeroposan tulang atau osteoporosis. Tulang jadi lebih rapuh karena pori-pori mikroskopis di permukaannya jadi lebih besar daripada sebelumnya. Para peneliti menduga kondisi pengeroposan tulang dapat berkembang lebih cepat sebagai efek samping dari konsumsi kafein berlebihan. Oleh karena itu, disarankan hanya minum kopi tak lebih dari 400 miligram kafein per atau setara dengan empat cangkir kopi.

Kesimpulan. Sebenarnya minum segelas kopi di pagi hari sudah lebih dari cukup. Efek banyak minum kopi juga mengganggu jam tidur malam sebagai akibat susah terlelap. Cara terbaik minum kopi yaitu mencampurnya dengan gula rendah kalori secukupnya. Ingat, jangan minum secangkir kopi jelang malam hari karena bikin susah tidur.