Teknoflas.com – Indonesia yang berada di wilayah tropis dipenuhi dengan beragam jenis pisang yang tumbuh di pelosok nusantara. Pisang mudah diperoleh dan harganya cukup ringan di kantong. Selain rasanya yang lezat, buah ini mengandung manfaat luar biasa yang jarak diketahui oleh masyarakat tanah air.

Berikut lima alasan yang perlu diketahui agar mengkonsumsi pisang setiap hari!

Alasan makan buah pisang tiap hari
Alasan makan buah pisang tiap hari

1. Nggak bikin gemuk

Para ahli gizi menyarankan para pelaku diet untuk mengkonsumsi pisang sebagai camilan. Buah berkulit kuning ini hanya mengandung 110 kalori untuk yang berukuran sedang dengan kandungan 3 gram serat dan 30 gram karbohidrat, sehingga cocok sebagai pendongkrak energi.

Jenis karbohidrat pisang, yakni pati resisten, tak mudah dicerna menjadi D-glukosa di dalam usus halus, setidaknya butuh waktu 120 menit usai masuk ke pencernaan. Satu pisang biasanya mengandung 2-3 gram pati resisten yang bikin perut kenyang lebih lama.

2. Atasi tekanan darah

Pisang kaya kalium tinggi yang bantu menurunkan tekanan darah. Satu buah pisang ukuran sedang punya 422 mg kalium tanpa natrium. Berdasar hasil penelitian, diet kalium punya banyak manfaat bagi tubuh seperti mencegah resiko stroke dan tekanan darah tinggi.

3. Sumber vitamin C

Selama ini masyarakat Indonesia mengenal kiwi, anggur, atau jeruk sebagai sumber vitamin C. Tetapi pisang justru memiliki 17% kebutuhan vitamin C harian yang berperan penting dalam meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Jadi kalau nggak ingin sakit, makan pisang setiap hari.

4. Sumber energi

Melakukan beragam aktivitas membuat energi cepat terkuras dari dalam tubuh. Agar memperoleh energi tambahan, bawa saja pisang sebagai teman cemilan. Pisang menyimpan serat dan karbohidrat sehat yang terbukti efektif mengatasi lapar di tengah perjalanan.

5. Menipu otak

‘Smell and Taste Treatment Research Foundation’ di Chicago telah melakukan riset terhadap aroma pisang yang ternyata bisa menipu otak bahwa anda telah mengkonsumsinya. Oleh karena itu, tak ada salahnya untuk mencium aroma pisang terlebih dahulu sebelum di makan.