Teknoflas.com – Akhirnya para peneliti dari Sheffield Hallam University, Inggris, berhasil mengungkap misteri lukisan Monalisa. Fokus utama kali ini yaitu misteri senyuman dibalik lukisan mahakarya Leonardo da Vinci tersebut.

Misteri berhasil terungkap setelah peneliti membandingkan lukisan monalisa dengan lukisan La Bella Principessa yang juga merupakan karya Da Vinci lainnya. Setelah melalui sejumlah pengamatan, akhirnya peneliti menemukan petunjuk menarik yaitu teknik Da Vinci dalam melukis Monalisa.

Misteri lukisan Monalisa terungkap!
Misteri lukisan Monalisa terungkap!

Teknik lukis Da Vinci membuat Monalisa tampak tersenyum bila dilihat dari kejauhan, namun mengerutkan bibir setelah didekati sehingga terlihat sedang sedih. Menurut para peneliti, Da Vinci diyakini memakai Sfumato, yakni efek khusus yang menciptakan ilusi optik dengan menggunakan warna halus di sekitar mulut Monalisa.

Misteri lukisan Monalisa sedikit terungkap jika fokus pada mata subyek dari Monalisa, maka bibir terlihat miring halus ke atas seperti tersenyum. Sedangkan fokus pada mulut subyek maka bibir terlihat datar seperti tidak tersenyum selain mengerutkan bibir.

Tim peneliti melakukan sejumlah eksperimen dengan meminta relawan melihat lukisan La Bella Principessa dan Monalisa dari sudut serta jarak berbeda. Demi hasil lebih akurat, tim peneliti juga memperlihatkan salinan digital dari kedua lukisan tersebut yang sengaja dikaburkan dengan derajat berbeda.

“Bentuk mulut di lukisan La Bella Principessa tergantung pada tingkat dan jarak blur saat melihatnya,” ungkap tim peneliti dalam makalah jurnal Vision Research. “Ditemukan adanya perubahan dalam kemiringan mulut La Bella Principessa turut mempengaruhi ekspresi kepuasannya.”

Para relawan mengatakan baik Monalisa dan La Bella Principessa tampak tersenyum bila dilihat dari jarak agak jauh. Oleh karena itu, tim peneliti kemudian menarik kesimpulan bahwa efek itu sengaja dibuat oleh Da Vinci.

Misteri lukisan Monalisa yang selama ini jarang diketahui oleh masyarakat akhirnya terungkap juga. Memang butuh waktu ratusan tahun untuk menyadari bahwa wanita di lukisan Da Vinci memakai efek visual yang tampak tersenyum bila dilihat dari kejauhan dan sedih jika dilihat dari dekat.