Teknoflas.com – Bagaimana cara menambah tinggi badan secara alami? Pada umumnya manusia cenderung mengalami pertumbuhan yang begitu pesat saat memasuki masa puber. Hanya saja tak semua orang memperoleh pertumbuhan badan maksimal ketika masa puber selesai. Pada akhirnya, banyak orang yang merasa tubuhnya cukup pendek dibandingkan teman seumuran.

Cara menambah tinggi badan secara alami sebenarnya enggak begitu sulit seperti dilansir Teknoflas.com dari laman indiatimes.

5 cara tambah tinggi badan secara alami
5 cara tambah tinggi badan secara alami

1. Makanan sehat

Berdasar penelitian, makanan yang dikonsumsi setiap hari berdampak besar bagi pertumbuhan tinggi badan. Jika ingin tumbuh tinggi maksimal, dianjurkan mengkonsumsi makanan kaya kalsium seperti yogurt, susu, keju ataupun ikan laut. Kalsium tak hanya meningkatkan kepadatan tulang, namun mendongkrak pertumbuhan dan massa tulang. Banyak orang yang memiliki tubuh tinggi karena mengkonsumsi makanan berkalsium. Bila penyerapan kalsium masih rendah, coba tingkatkan dengan suplemen tambahan.

2. Perbanyak minum air

Pertumbuhan tinggi badan akan semakin maksimal jika menghindari segala jenis minuman yang mengandung kafein atau karbonasi. Disarankan untuk memperbanyak konsumsi air putih untuk meningkatkan sistem metabolisme tubuh dan membuang segala macam racun yang menghambat pertumbuhan tulang.

3. Cukup tidur

Berdasar hasil penelitian, ternyata waktu tidur yang cukup termasuk salah satu cara menambah tinggi badan secara alami. Seperti diketahui, semua jaringan dan sel akan diregenerasi pada saat tidur sehingga berdampak besar bagi pertumbuhan tulang. Pastikan memperoleh waktu tidur antara 8-11 jam supaya tubuh memperoleh tinggi maksimum.

4. Rutin olahraga

Pertumbuhan tulang semakin optimal bila diimbangi dengan rutin olahraga. Pada saat melakukan olahraga, jaringan di dalam tubuh akan mengalami peregangan yang mendukung pertumbuhan tulang. Luangkan waktu setidaknya 30-45 menit setiap hari, lima kali dalam seminggu untuk berolahraga.

5. Yoga

Sebenarnya aktivitas ini lebih mirip olahraga, namun dipadu dengan teknik pernapasan yang mampu mengurangi tekanan atau stres. Menurut pantauan para peneliti, yoga juga dapat meningkatkan pertumbuhan tulang, apalagi ada sejumlah pose yang dapat membantu tubuh bertambah tinggi.

Itulah lima cara menambah tinggi badan secara alami yang bisa dimanfaatkan untuk pertumbuhan tulang lebih maksimal. Harap diperhatikan, faktor gen juga menjadi penentu yang berpengaruh terhadap pertumbuhan.