Teknoflas.com – Apakah interior mobil kesayangan tampak kotor, lusuh dan berdebu? Semua itu bakal mempengaruhi kenyamanan saat berkendara. Sebaliknya, nuansa ruangan yang bersih dan rapi justru membuat pengemudi tenang dan nyaman.

Bagaimana cara membuat interior mobil seperti baru? Tidak begitu sulit, bahkan tak perlu membawa mobil kesayangan ke bengkel dan menghabiskan banyak uang. Siapkan saja peralatan seperlunya dan mengikut langkah-langkah dibawah ini!

Membersihkan Interior Mobil [doc/detik.com]
Membersihkan Interior Mobil [doc/detik.com]
1. Siapkan peralatan

Sebelum membersihkan interior mobil, siapkan peralatan seperlunya yang bisa dibeli di supermarket atau salon mobil. Peralatan yang dibutuhkan berupa kuas kecil, produk treatment protection, lap bersih, busa halus dan kemoceng. Jangan lupa menyiapkan seember air hangat.

2. Dashboard & konsol

Gunakan kemoceng untuk membersihkan debu serta kotoran yang menempel di permukaan dashboard dan konsol, jangan lupa perhatikan setiap sudut dengan seksama. Ulangi sekali hingga pastikan tak ada lagi yang masih menempel.

3. Lap air hangat

Selanjutnya celup lap ke dalam ember air hangat lalu peras agak kering. Gunakan itu untuk mengelap seluruh permukaan dashboard dan konsol. Ganti air hangat dengan yang baru jika air sudah kotor atau keruh.

4. Kelembaban dashboard

Setelah permukaan dashboard agak kering, langkah selanjutnya yaitu menambah kelembabannya dengan memakai treatment protection.

5. Kuas kecil

Gunakan kuas kecil untuk membersihkan debu dan kotoran yang menumpuk dan susah dijangkau seperti pojok dashboard, blower AC dan lain-lain.

6. Pengharum mobil

Langkah terakhir yaitu memasang pengharum mobil dengan aroma sejuk sesuai selera pemilik kendaraan.

Itulah enam langkah sederhana merawat interior mobil agar tampak baru. Untuk membersihkan kursi dan karpet, gunakan vacuum cleaner khusus mobil yang dijual dengan harga terjangkau.