Bagaimana rasanya jika anda ingin berlibur dari rutinitas namun dalam perjalanannya terjebak macet? Mungkin anda perlu mencoba menikmati perjalanan darat tanpa macet dengan kereta api. Berikut adalah lima alasan mengapa menaiki kereta api sangat direkomendasikan untuk para wisatawan yang ingin berjelajah.

kereta api co id
kereta-api.co.id

1. Harga Tiket Kereta Api Cukup Terjangkau

Bandingkan dengan menaiki pesawat, tiket kereta api jauh lebih murah. Hal ini tentu dapat menghemat budget travelling anda. Tidak heran jika pada saat musim liburan, tiket kereta api dengan cepat habis terjual. Tidak hanya itu, di stasiun tidak perlu membayar sebagaimana ketika anda membayar airport tax di bandara. Sehingga, anda dapat menyisihkan dana anda untuk keperluan travelling lainnya.

2. Lebih Fleksibel dengan Menaiki Kereta Api

Jadwal yang cukup banyak dalam satu rute menjadikan naik kereta api lebih fleksibel. Selain itu, tiket dapat dibeli pada hari H keberangkatan. Tidak ada pengecekan bagasi, sehingga anda tidak perlu terburu-buru untuk berangkat.

3. Harga Tiket Cenderung Stabil

Salah satu keuntungan berpergian dengan kereta api adalah harga tiket yang stabil bahkan ketika musim mudik sekalipun! Tidak seperti pesawat, tiket pada saat musim mudik cenderung tidak stabil. Hampir setiap hari, tiket pesawat berubah tergantung ketersediaan. Harga kereta api cenderung tetap terjangkau walaupun memasuki musim liburan ataupun mudik. Karena itu, persaingan mendapatkan tiket kereta api pasti akan lebih besar.

4. Bagasi Kereta Api Tidak Perlu Bayar

Jika berwisata dengan menggunakan pesawat terbang, sebagian besar para penumpang akan menghindari tambahan dana untuk bagasi pesawat yang cukup mahal. Hal ini menjadi penghambat bagi anda yang ingin membelikan oleh-oleh untuk keluarga dalam jumlah yang besar. Dengan menaiki kereta api, anda tidak perlu membayar uang tambahan untuk bagasi. Tentunya, ini sangat membantu penghematan uang untuk wisata anda.

5. Prosedur Naik Kereta Api Lebih Sederhana

Ketika akan menaiki pesawat, anda akan melewati berbagai macam proses pengecekan. Dari bagasi, x-ray, tiket, dan pengecekan badan. Namun, anda tak akan menemukan pemeriksaan serumit itu ketika akan menaiki stasiun. Anda hanya perlu menunjukkan tiket kemudian langsung naik kereta api.