menghilangkan-komedo
www.duniatips.com

Komedo merupakan penyumbatan pada pori-pori kulit sehingga muncul seperti bintik-bintik hitam atau putih di kulit wajah. Komedo sering muncul di daerah hidung dan sekitar mata. Komedo sering muncul dan berkembang di saat dan setelah masa pubertas, hal tersebut diyakini bahwa saat itu kadar hormon yang menghasilkan sebum berlebihan. Simak 5 bahan berikut yang sering anda temukan di dapur yang dapat mengusir komedo dari wajah anda!

1. Pepaya

Pepaya merupakan bahan yang terkenal akan khasiatnya pada kecantikan, khususnya kulit wajah. Salah satu keunggulan pepaya adalah mengatasi komedo yang hinggap di wajah. Caranya tidak sulit, hanya membuat masker pepaya dengan melembutkan potongan-potongan pepaya hingga mirip seperti bubur kemudian dioleskan pada sekitar wajah yang nampak terdapat komedo. Kemudian dibiarkan beberapa saat lalu dibilas dengan air bersih. Waktu yang mungkin anda gunakan untuk memakai masker pepaya ini adalah saat bangun pagi dan menjelang tidur malam.

2. Lidah Buaya

Tidak hanya segar menjadi minuman, lidah buaya juga berkhasiat dalam menghilangkan komedo. Caranya yaitu siapkan 1 batang lidah buaya, kemudian potong menjadi dua bagian. Ambil lendir atau gelnya saja dan oleskan pada wajah yang terdapat komedo. Lakukan secara rutin sekitar 1-2 kali dalam sehari sampai komedo anda tidak nampak kembali. Jika dirasa gel yang ada tidak terlalu banyak atau bahkan kurang, anda dapat memblender potongan-potongan lidah buaya tersebut.

3. Uap Air Panas

Jika anda sedang merebus air, coba anda manfaatkan uap air yang dihasilkan untuk menghilangkan komedo! Cara ini cukup efektif dengan penambahan garam pada rebusan air tersebut. Setelah air mendidih, uapi wajah dengan uap air tersebut selama 5-10 menit. Agar hasil yang diperoleh maksimal, anda perlu menutup kepala dengan handuk kemudian menghadapkan wajah pada baskom. Tidak hanya menghilangkan komedo, cara ini juga mampu melancarkan peredaran darah.

4. Jus Lemon

Selain tiga cara di atas, jus lemon atau jeruk nipis juga cukup efektif dalam menghilangkan minyak berlebih. Dengan berkurangnya minyak berlebih, komedo pun juga dapat berangsur berkurang. Caranya yaitu dengan menyiapkan jus lemon atau nipis dan mencampurkannya dengan minyak almond dan gliserin. Setelah itu oleskan dan tunggu selama 10 menit kemudian bilas dengan air.

5. Putih Telur

Ambil bagian putih telurnya saja kemudian oles pada bagian wajah yang berkomedo secara merata. Kemudian, diamkan selama 25-30 menit atau sampai terasa mengering. Selanjutnya anda membasuk muka menggunakan air hangat.