Mahasiswa-Pendaki-Gunung-Sindoro-Telah-Di-Temukan-Dengan-Keadaan-Tewas

Keindahan gunung memang selalu memesona. Sensasi mencapai puncak pun tak dapat dilupakan begitu saja. Banyak para remaja maupun dewasa menggemari perjalanan mendaki gunung ini. Namun, masalah mendaki tidak serta merta mendaki saja. Simak 7 tips berikut untuk anda yang ingin mendaki namun masih belum memiliki pengalaman mendaki sebelumnya!

1. Tentukan lokasi gunung yang akan didaki, kemudian pelajari lokasinya.

Salah satu persiapan yang penting untuk mendaki adalah mempelajari medan dan lokasi gunung tujuan. Sebab, setiap gunung memiliki karakter dan jalur pendakian yang berbeda. Anda dapat memepelajari medan gunung dari berbagai sumber, seperti internet.

2. Berolahraga

Selain kesiapan medan, sangat baik jika anda menyiapkan diri anda dalam segi fisik. Mendaki gunung tidak sama dengan berjalan di trotoar, dibutuhkan stamina yang baik untuk melakukan perjalanan hingga ke puncak. Olahraga yang dapat dilakukan salah satunya adalah jogging. Lakukanlah olahraga dengan rutin. Dan seimbangkan dengan istirahat yang cukup.

3. Persiapkan peralatan dengan baik

Slat-alat yang pada umumnya dibawa saat mendaki adalah tas carrier, sepatu hiking, jaket, pisau lipat, jas hujan, alat masak portabel, senter, kompas, dan perlengkapan P3K. Jika diperkirakan perjalanan membutuhkan waktu untuk bermalam, jangan lupa membawa matras, tenda, dan sleeping bag.

4. Persiapkan bekal logistik

Masalah logistik tentu memegang peran penting dalam pendakian gunung. Siapkan perbekalan makanan secukupnya, sehingga anda tidak merasa kekurangan saat melakukan perjalanan ke puncak. Bawalah seperti beras, mie instan, air mineral, biskuit, dan makanan fleksibel yang dapat dimakan saat perjalanan.

5. Jangan lupa untuk mendaftar ke pos perijinan terlebih dahulu

Beberapa gunung memiliki tempat perizinan yang mengharuskan setiap pendaki mengisi data diri dan lama perjalanan. Hal ini tentu tidak dapat diremehkan, karena nantinya mereka yang akan membantu anda dalam penjelajahan.

6. Menjaga ponsel dan peralatan elektronik lainnya dengan baik.

Mengabadikan momen ketika berada di puncak pastilah menyenangkan. Namun, untuk membuat perjalanan nyaman, alangkah baiknya mematikan ponsel dan peralatan elektronik lainnya di dalam kantong plastik agar terlindungi dari rembesan air yang mungkin akan ditemui di tengah medan.

7. Jangan lupa berdoa dan jangan merusak!

Sudah seharusnya sebelum memulai sesuatu untuk berdoa terlebih dahulu. Mintalah bantuan dan pertolongan pada Tuhan. Ingatkan sesama tim untuk menjaga kelestarian alam dengan tidak memetik bunga atau membuang sampah sembarangan.