Teknoflas.com – Siapa vokalis Bon Jovi? Selama ini masyarakat hanya mengenalnya dengan panggilan Jon Bon Jovi, padahal pria kelahiran 2 Maret 1962 itu punya nama panjang yang kemudian ‘diplesetkan’ sebagai nama band.

Nama panjangnya adalah John Francis Bongiovi, Jr yang juga dikenal sebagai penulis lagu, produser rekaman dan aktor. Kiprah Jon di panggung hiburan lebih dikenal sebagai pembentuk dan pemimpin band aliran rock Bon Jovi yang dibentuk tahun 1983.

vokalis bon jovi
Vokalis Bon Jovi adalah John Francis Bongiovi, Jr [doc/zimbio]
Selama berkiprah di industri musik internasional, Jon sudah merilis dua album solo dan 12 album band yang terjual lebih dari 130 juta di seluruh dunia sehingga menjadi salah satu artis musik dengan penjualan terbaik.

Siapa vokalis Bon Jovi di luar panggung musik? Jon tak hanya menyimpan hasrat tinggi dalam bermusik, ia pun sangat mencintai dunia akting yang dimulainya pada tahun 1990-an dengan membintangi film Moonlight and Valentino, U-571 serta tampil dalam sejumlah serial TV seperti Ally McBeal.

Meskipun menikmati dunia akting, Jon tak pernah lupa tempat asalnya. Sebagai seorang penulis lagu, ia masuk ‘Songwriters Hall of Fame’ pada 2009. Di tahun 2012, namanya berada di peringkat ke-50 majalah Billboard untuk kategori ‘The Most Powerful and Influential People In The Music Business’

Jauh sebelumnya, Jon juga menerima sejumlah penghargaan yakni masuk kategori ‘50 Most Beautiful People In The World’ oleh majalah People di tahun 1996, kategori ‘Sexiest Rock Star’ di tahun 2000 dan masuk peringkat ke-13 ‘100 Sexiest Artists’ versi VH1.

Siapa vokalis Bon Jovi di luar panggung hiburan? Jon turut terjun ke dunia politik dan sempat menjadi juru kampanye Al Gore pada pemilihan Presiden tahun 2000, John Kerry di tahun 2004 dan Barack Obama di tahun 2008.