Gangguan Bipolar mulai dikenal masyarakat sejak seorang artis diduga mengidap gangguan tersebut. Gangguan yang memiliki dua episode ini menjadi semacam gangguan yang disamakan dengan skizofrenia. benarkah?

bipolar_320

1. Perubahan mood yang ekstrim

Gangguan bipolar adalah gangguan mental yang menyerang kondisi psikis seseorang dengan adanya perubahan suasana hati yang sangat ekstrim. Bahkan tidak memiliki tanda-tanda akan perubahan tersebut. Suasana hati penderita dapat berganti secara tiba-tiba dan sangat berbeda seperti dua kutub yang berlawanan (bipolar).

2. Terdiri dari episode manik dan depresi

bipolar berarti dua kutub yang berlawanan. Dan kelainan bipolar memiliki arti bahwa pergantian suasana hati yang sangat berlawanan terjadi begitu cepat. Episode manik merupakan suasana hati yang bahagia, sedangkan episode depresi adalah saat sedih melanda suasana hati. Episode manik biasanya datang dengan tiba-tiba dan berlangsung antara dua minggu hingga lima bulan. Sedangkan depresi cenderung lebih lama.

3. Genetika merupakan salah satu penyebab

Genetika bawaan adalah faktor umum yang menyebabkan gangguan bipolar. Seseorang yang lahir dengan salah satu orang tuanya mengidap bipolar memiliki resiko sebesar 15% hingga 30%. apabila keduanya mengidap bipolar, resiko meningkat menjadi 50% hingga 75%. tidak hanya orang tua, memiliki saudara kembar identik dengan mengidap gangguan bipolar juga beresiko, bahkan resiko tertinggi.

4. Faktor lingkungan juga patut dipertimbangkan

Gangguan bipolar tentunya tidak memiliki penyebab tunggal. Ada sebab-sebab lain yang tentu mendukung perkembangan gangguan ini pada penderitanya. Faktor eksternal juga diyakini memiliki peran sebagai penyebab gangguan bipolar.

5. Stres dapat menjadi salah satu pemicu

stres merupakan peristiwa kehidupan yang dapat menjadi pemicu gangguan bipolar. Stres memicu perubahan drastis suasan hati secara tiba-tiba dan ekstrim. Penderita bipolar juga seringkali merasakan suasana hati yang seakan-akan mampu ia kontrol. Padahal, apabila ia mengalami tekanan sedikit atau stres, ia akan mudah mendapati suasana hatinya berubah drastis.