Teknoflas.com Ketika musim pancaroba tiba, tidak dapat dipungkiri bahwa penyakit flu dan sejenisnya akan sangat mudah menyerang tubuh. Apabila demikian, tentu akan sangat mengganggu aktivitas dalam beberapa waktu. Terlalu sering mengandalkan obat juga tidak baik bagi tubuh yang juga memiliki sistem imun. Tidak ada salahnya mencoba 5 bahan berikut selain beristirahat dengan cukup untuk menyembuhkan sakit tenggorokan.

1. Berkumur dan minum air garam

garam-550x412

Air garam merupakan antiseptik yang cukup ampuh untuk melegakan tenggorokan. Air garam juga dapat menghilangkan panas dalam ketika anda meminumnya. Garam yang berfungsi sebagai antiseptik dapat membersihkan lendir di tenggorakan dan mengurangi sakit yang terasa. Caranya mudah, jika ingin berkumur pastikan bahwa air yang akan digunakan berada pada suhu hangat saat mencampurnya dengan garam. Berkumurlah setidaknya 3 kali sehari. Setelah berkumur, anda dapat minum air garam yang baru (bukan sisa dari yang digunakan untuk berkumur).

2. Madu dan lemon

Manfaat-Madu-Vitabumin-Untuk-Gizi-Anak

Madu adalah salah satu bahan alami yang dapat mengobati sakit tenggorokan. madu sering digunakan karena kemampuannya sebagai antibakteri yang sangat membantu dalam proses pengobatan. Sedangkan lemon berguna untuk mengobati rasa sakit akibat adanya radang pada tenggorokan. Kombinasi keduanya tentu akan efektif dalam pengobatan sakit tenggorokan.

3. Teh jahe

10-alasan-penting-mengonsumsi-jahe-demi-kesehatan

Jahe adalah bahan yang sering digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan sejak zaman dahulu. Kandungan zingiberin pada jahe dapat membantu menghilangkan racun dari dalam tubuh dan meningkatkan sirkulasi darah. Anti-inflamasi dalam jahe mampu membunuh bakteri di dalam tubuh. Cukup dengan merebus potongan beberapa ruas jahe dan mencampurnya dengan secangkir teh hangat

4. Bawang putih

khasiat-bawang-putih

Tidak hanya sebagai penyedap, bahan satu ini juga dapat mengobati sakit tenggorokan juga. Bawang putih mengandung senyawa yang bernama allicin yang merupakan zat pembunuh bakteri. Caranya pun cukup mengunyah bawang putih mentah yang belum dimasak kemudian diamkan tenggorokan dalam beberapa menit. Setelah itu dapat dilanjutkan dengan meminum teh jahe atau campuran madu-lemon.

5. Belimbing

budidaya-belimbing

Buah ini ternyata mampu mengobati sakit tenggorokan! khasiat anti-radang yang dapat digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan. Dapat dikonsumsi secara langsung atau dibuat jus.