Teknoflas.com – Kumpulan foto musibah di Masjidil Haram menimpa sejumlah jemaah haji. Menurut kabar terkini, 65 orang tewas sedangkan 85 lainnya menderita luka-luka yang menjalani perawatan intensif di rumah sakit setempat. Peristiwa naas itu terjadi saat para jemaah tengah mempersiapkan diri untuk shalat maghrib.

Mengapa ada crane di sana? Seperti diketahui, pemerintah Arab Saudi memang sedang memperluas tempat ibadah tersebut untuk menampung lebih banyak jemaah. Rencananya area akan bertambah luas menjadi 400.000 meter persegi.

Foto musibah di Masjidil Haram
Foto musibah di Masjidil Haram

Guna mempercepat proses pengerjaan, maka crane atau alat-alat berat proyek dipasang di sekeliling masjid. Proses pengerjaan direncanakan selesai pada 2016 mendatang sehingga Masjidil Haram bisa menampung sekitar 2,2 juta jemaah. (Baca: Begini Kronologi Cerita Musibah Di Masjidil Haram)

Musibah di Masjidil Haram terjadi akibat Sebuah alat berat proyek terjatuh pada Jumat (11/9/2015) dan langsung menimpa para jemaah yang sedang persiapan shalat maghrib. Dalam beberapa tahun belakangan, tak pernah ada insiden besar yang mengakibatkan puluhan jemaah luka-luka dan meninggal dunia.

Foto crane jatuh, pemicu musibah di Masjidil Haram
Foto crane jatuh, pemicu musibah di Masjidil Haram

Demi memfasilitasi jemaah demi menunaikan ibadah, pemerintah Arab Saudi berinvestasi miliaran dollar AS untuk transportasi dan infrastruktur.

“Musibah ini memang luar biasa dan tak bisa diprediksi,” ucap Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin lewat pembicaraan via telepon dengan tim Media Center Haji (MCH) di Mekkah, Jumat malam.

Lukman Hakim mengatakan faktor cuaca berupa angin kencang dan hujan deras merupakan pemicu robohnya crane yang dipakai untuk perluasan Masjidil Haram.

Foto penampakan crane, pemicu musibah di Masjidil Haram
Foto penampakan crane, pemicu musibah di Masjidil Haram

“Jemaah asal Indonesia sebanyak 32 orang mengalami luka ringan dan luka berat. Mereka sudah dibawa ke rumah sakit terdekat di Jiyad, Arab Saudi,” ucap Menag.

Kumpulan foto musibah di Masjidil Haram memperlihatkan dampak kerusakan luar biasa, tak heran banyak korban jiwa yang berjatuhan. Saat ini lokasi kejadian sudah disterilkan dan sementara waktu tak seorang jemaah pun yang boleh melakukan aktivitas apapun di sana.