Teknoflas.com – Bagaimana cara menyembunyikan aplikasi di android? Ada beragam cara bisa dicoba, salah satunya yaitu memakai App Drawer. Ikuti langkah-langkah berikut ini.

9 langkah menyembunyikan aplikasi di smartphone android
9 langkah menyembunyikan aplikasi di smartphone android

1. Cari App Drawer, biasanya juga dikenal sebagai App Tray. Pada kebanyakan ponsel android, fitur ini terletak di tengah-tengah bagian bawah, kiri bawah atau kanan bawah. Bentuk App Drawer seperti sebuah kotak yang di dalamnya ada sekelompok kotak kecil.

2. Setelah menemukan App Drawer, segera buka. Nantinya muncul layar yang memperlihatkan semua aplikasi yang ada di ponsel, termasuk aplikasi bawaan pabrik.

3. Pilih judul Apps untuk memastikan sedang melihat aplikasi, bukan widget. Sekarang tinggal menentukan aplikasi yang ingin disembunyikan.

4. Cara menyembunyikan aplikasi di android via App Drawer bisa dimulai dengan menemukan tombol ‘Options Menu’ yang berisi tindakan tambahan di halaman aplikasi. Jadi lebih mudah untuk menikmati fitur-fitur lain seperti Rename, Delete dan Search.

5. Tekan ‘Options Menu’ nantinya ada sebuah baki berisi sejumlah tindakan di halaman tertentu, salah satunya adalah Hide Applications.

6. Setelah memilih ‘Hide Applications’, nanti muncul kotak kosong kecil di samping masing-masing aplikasi. Sementara di bagian atas layar terdapat opsi untuk membatalkan tindakan penyembunyian aplikasi.

7. Cukup memberi tanda centang pada kotak kecil di masing-masing aplikasi. Setelah itu, lihat bagian atas layar untuk memastikan seleksi aplikasi.

8. Apabila sudah yakin dengan pilihan aplikasi yang ingin disembunyikan, tekan ‘Done’ yang ada di sudut kanan atas layar. Setelah itu akan kembali lagi ke App Drawer, namun tak ada lagi aplikasi yang sudah disembunyikan.

9. Sekarang kembali ke layar utama dengan menekan tombol home. Smartphone kesayangan bisa dipakai seperti biasa.

Itulah cara menyembunyikan aplikasi di android dengan memakai fitur App Drawer. Gampang banget, kan? Selamat mencoba.