Teknoflas.com – Kapan Idul Adha 2015 versi pemerintah? Pada tahun ini ada dua versi, namun Kementerian Agama menetapkan 10 Dzulhijah 1436 Hijriah jatuh pada tanggal yang berbeda dari Muhammadiyah, yakni 24 September 2015.

Penetapan diambil usai Kementerian Agama melaksanakan rukyat untuk melihat hilal atau bulan baru di sejumlah daerah tanah air pada Minggu (13/9/2015) kemarin. Menurut penuturan Direktur Jenderal Bina Masyarakat Islam Kementerian Agama, Machasin, tak ada satupun perukyat yang ada di Aceh hingga Papua yang melihat penampakan bulan baru.

kapan idul adha 2015
Kapan idul adha 2015 versi pemerintah?

Oleh karena itu, pemerintah resmi menetapkan hari Selasa, 15 September 2015, sebagai 1 Dzulhijah 1436 Hijriah. Hal ini terkait tak ada satupun perukyat di seluruh Indonesia yang melihat bulan baru dalam proses rukyat.

“Proses rukyat yang dilaksanakan Minggu kemarin tak memperoleh penampakan apapun. Perukyat yang berada di seluruh Indonesia tak melihat hilal. Padahal mereka semua ditugaskan di sejumlah tempat Indonesia,” ucap Machasin.

Lalu, kapan Idul Adha 2015 versi pemerintah? Seperti yang dijabarkan di paragraf sebelumnya, Kementerian Agama resmi menunjuk hari Kamis, 24 September 2015, sebagai 10 Dzulhijah 1436 Hijriah atau perayaan Idul Adha.

Penetapan tanggal tersebut berbeda dengan PP Muhammadiyah yang mengambil kesimpulan hari Rabu, 23 September 2015, sebagai perayaan Idul Adha atau 10 Dzulhijah 1436 Hijriah. Dan untuk kesekian kalinya terjadi perbedaan penetapan waktu pelaksaan Idul Adha.

Meskipun terjadi perbedaan mencolok, Machasin meminta masyarakat agar saling menghormati perbedaan dalam penetapan Idul Adha. Menurutnya, hal ini sudah biasa terjadi dan tak perlu diperdebatkan, bahkan masyarakat wajib menghormati umat muslim lainnya dan memperkuat persatuan.

Perbedaan tanggal kapan idul adha 2015 versi pemerintah dan Muhammadiyah tak perlu diperpanjang. Kementerian Agama bahkan mempersilakan masyarakat merayakan hari penuh makna itu dan bebas memilih.

“Kementerian Agama mempersilakan masyarakat yang mau merayakan pada 23 September atau keesokan harinya,” tandas Machasin.

Kesimpulan kapan Idul Adha 2015 berlangsung justru menghasilkan dua jawaban, yaitu Muhammadiyah pada 23 September dan pemerintah pada 24 September. Walaupun berbeda, pelaksanaan wajib dilaksanakan dengan iman dan tekad kuat.