penyebab-anak-susah-makan

Salah satu kekhawatiran orang tua pada umumnya adalah ketika anak sulit untuk makan. Makan ini tidak mau, makan yang lain dimuntahkan, atau bahkan makan sesuap kemudian tidak ingin makan lagi. Tentu anda sebagai orang tua akan khawatir dengan asupan nutrisi bagi si kecil.

Sebelum itu, alangkah baiknya untuk mencari penyebabnya. Mungkin ada gangguan pada si kecil sehingga tidak nyaman untuk makan. Contohnya, sariawan, sakit gigi, atau terdapat masalah di tenggorokannya. Tidak ada salahnya memeriksakan si kecil ke dokter terdekat, agar kemungkinan adanya ketidaknyamanan pada si kecil terlihat jelas. Semakin cepat diketahui, semakin cepat anak mau untuk makan dengan porsi yang cukup.

Jika ternyata tidak terdapat masalah, anda dapat memberikan suasana nyaman ketika makan. Mungkin saja anak enggan makan karena kerap mendapat tekanan. Ciptakan suasana nyaman dan tanpa paksaan. Sehingga anak tidak merasa tertekan dan dapat menikmati ketika makan. Beberapa tips berikut mungkin dapat anda coba untuk memberikan suasana nyaman untuk menikmati makanannya.

1. Variasi makanan

Mungkin si kecil mudah bosan, cobalah untuk membuat beberapa pilihan menu makanan. lalu, biarkan anak memilih makanan yang ia sukai. Biasanya, anak cenderung untuk memakan lebih banyak makanan pilihannya.

2. Sajikan dengan menarik

Setelah beberapa variasi menjadi pilihan anak, coba sajikan dengan tampilan menarik. Misalnya mencetak nasi dalam cetakan beruang, atau lainnya. Anda dapat mencari contoh penyajian unik untuk makanan anak-anak.

3. Jadikan waktu makan adalah waktu yang menyenangkan

Sedari buah hati kecil, akan lebih baik jika anda menghindari untuk mengancam, menghukum, menakuti-nakuti, dan lain-lainnya. Sehingga tidak menimbulkan trauma psikologis bagi si kecil.

4. Memberikan camilan sehat

Biasanya, ketika si kecil sudah mampu berjalan, ia akan gemar bereksplorasi dengan sekitarnya. aktivitas semakin banyak. Hal ini mungkin membuatnya sulit untuk duduk manis dan makan dengan tenang. Untuk menyiasatinya, coba berikan camilan sehat seperti bola-bola kentang isi wortel, sus mini, dan lain-lain.