Gadget-pengaruh-anak

Teknoflas.com – Teknologi sekarang benar-benar memudahkan manusia yang hidup di zaman sekarang. Semua kini tampak mudah. Dari hanya bertransaksi hingga berbelanja dalam skala besar. Anda pun hanya membutuhkan gadget yang memadai untuk dapat mengimbangi kemajuan terkologi masa kini. Pembelajaran pun juga semakin mudah dengan adanya gadget. Gadget tentunya memiliki peran penting dalam masa pembelajaran anak. Namun, orang tua harus mengatur waktu dalam pemakaian gadget dan mungkin perlu menghindari penggunaan gadget di dekat anak-anaknya. Karena anak mungkin akan mendapatkan efek buruk dari penggunaan gadget yang berlebihan dari orang tua yang di dekatnya.

“Kurang-kurangi main gadget di dekat anak. Nanti dia lihat kita main, terus dia mau minta main juga,” ujar Vera Itabiliana Hadiwidjojo, ahli psikolog anak, saat berada di konferensi pers di Jakarta, Rabu (16/9).

Dengan bermain gadget di dekat anak, mereka akan menginginkan untuk bermain dengan gadget juga. Kemudian lambat laun dan terus-menerus mencari tahu tentang gadget. Kemudian anak akan menggantungkan masa pembelajarannya dengan gadget. Ini tentu sangat membahayakan.

Selain itu, jika sang anak terus-terusan main gadget, mereka hanya akan mendapatkan hanya mendapat pembelajaran secara kognitif, bahkan cenderung kurang aktif dalam mengembangkan dan mengeksplor pembelajaran yang lain.

“Berbeda dengan anak yang aktif belajar tanpa gadget. Tidak hanya kognitif, namun sensor dan motoriknya pun akan ikut terlatih,” Tambah Vera.

Sebaiknya anak di bawah umur dua tahun tidak bersentuhan dengan gadget, karena akan mengganggu perkembangan sel otaknya. Sebaiknya diberikan pembelajaran dan stimulasi yang variatif. Akan lebih baik jika anak, dalam masa pembelajarannya, diberikan mainan tradisional. Di mana mainan tradisional yang dapat membuat anak bergerak aktif tidak hanya diam seperti ketika bersama gadget.

“Anak umur dua tahun ke bawah kan sel otaknya lagi berkembang banget, makanya jangan dikasih main gadget terus,” ujarnya.

Umumnya, anak belum mengetahui kapan harus berhenti bermain dan kapan mereka harus bermain dengan gadget. Oleh karena itu, sangat dihindari pemakaian gadget bagi anak yang usianya kurang dari 2 tahun.