GadgetChild2_large

Teknoflas.com – Ponsel diyakini memancarkan radiasi gelombang elektromagnetik. Tidak hanya ponsel, alat elektronik lainnya pun demikian. Beberapa artikel telah membahas bahwa radiasi tersebut dapat menyebabkan sakit kepala, kanker, bahkan sampai tumor otak. Namun, kali ini, radiasi ternyata juga dapat menyebabkan penyakit terkait kolesterol.

Dokter spesialis penyakit dalam dan jantung Djoko Maryono menyatakan bahwa radiasi tersebut dapat mengikat kolesterol dalam darah. Akibat dari hal tersebut akan terbentuk kerak-kerak dari kolesterol di dalam pembuluh darah.

Selain membawa ponsel dapat memancarkan radiasi, Djoko mengatakan bahwa berada di tempat yang banyak memancarkan radiasi elektromagnetik lainnya juga memberikan kemungkinan yang cukup  besar akan terjadinya efek dari gelombang elektromagnetik tersebut.

“Terlalu banyak bawa handphone lalu didekatkan ke badan itu bisa mengikat kolesterol. Satu saja cukup, di pinggang lebih baik. Makanya jangan dekat ponsel kalau tidur,” ujar Djoko ketika ditemui di kawasan Sudirman, Jakarta, Rabu (16/7).

Djoko pernah mendapatkan yang berumur 30 tahun. Pasien tersebut memiliki riwayat kesehatan yang cukyp baik, bukan perokok, bahkan seorang atlet. Namun, dia mengalami serangan jantung. Padahal kolesterol di tubuhnya tidaklah banyak. Ternyata pasien tersebut terkena radikal bebas. Di dalam rumahnya terdapat lima komputer yang memyala terus.

“Ternyata dia kena radikal bebas. Di lingkungannya itu terdapat lima komputer yang terus menyala semalaman di sekitarnya yang memancarkan radiasi elektomagnetik,” tambahnya.

Pengikat kolesterol tidak hanya radiasi elektromagnetik saja, namun beberapa radikal bebas lainnya dapat memicu pengikatan kolesterol dalam darah, contohnya polutan. Polutan seperti polusi udara dan asap rokok pun dapat memicu terjadinya pengikatan kolesterol. Belum lagi radiasi sinar UV, pestisida, obat-obata, junk food, dan lainnya yang dapat menimbulkan pergerakan kolesterol dalam pembuluh darah.