Teknoflas.com – Terkadang smartphone android menyimpan kontak duplikat, tak hanya dua bahkan lebih dari itu. Semua ini akibat efek samping dari sinkronisasi kontak, factory reset hingga pergantian kartu SIM. Menghapus kontak secara manual merupakan solusi sederhana, namun cara ini sangat melelahkan bila ada banyak kontak yang mengganda. Sebenarnya ada cara yang lebih sederhana hanya dengan bermodalkan beberapa sentuhan jari.

3 cara hapus kontak duplikat di android
3 cara hapus kontak duplikat di android

Sebelum melakukan tiga langkah berikut ini, coba back-up semua kontak sebagai langkah pencegahan dari hal-hal tak terduga.

1. Kontak Telepon

Hampir semua smartphone android menyertakan fitur “menggabung” atau “merge” yang memindai semua kontak serta menghapus duplikat dengan alamat email dan nomer mirip. Silahkan akses Contacts > tombol menu > merge accounts > merge from google. Tekan ok dan tunggu hingga prosesnya selesai. Perlu diketahui, cara ini hanya menghapus kontak duplikat dalam beberapa akun. Bisa dikatakan bahwa cara ini belum cukup efektif menyelesaikan masalah kontak duplikat.

2. Pakai Gmail

Bila terbiasa mem-backup data, ada kemungkinan fitur sinkronisasi kontak dengan Gmai turut aktif. Sebenarnya itu merupakan fitur android yang menyinkronkan semua kontak dengan akun Gmail yang aktif di smartphone. Jika benar diaktifkan, maka pengguna bisa membuka akun Gmail di desktop lalu pilih Contacts dan muncul semua kontak yang terdaftar. Langkah selanjutnya yaitu menekan More lalu Find duplicates dan tunggu beberapa saat hingga kontak duplikat muncul. Hapus tanda centang pada kontak yang ingin dibiarkan tetap tersimpan, tekan merge dan tunggu proses selesai.

3. Aplikasi Pihak Ketiga

Sekarang ini Google Play Store diramaikan dengan aplikasi untuk menghapus kontak duplikat. Salah satu aplikasi paling direkomendasikan adalah Duplicate Contacts. Selain gampang digunakan, aplikasi ini punya rating bagus di toko aplikasi milik Google itu dan paling penting yaitu gratis.

Setelah mengunduh dan membuka aplikasi maka secara otomatis akan memindai dan memperlihatkan semua kontak duplikat. Usai selesai pemindaian, tanda centang pada setiap kontak duplikat bisa dihapus. Selanjutnya yaitu pilih delete > yes untuk menghilangkan semua kontak duplikat di smartphone android. Gampang banget, kan!