Teknoflas.com – PlayStation Portable atau PSP begitu digandrungi penggemar game beberapa waktu silam. Seiring dengan kehadiran smartphone dan tablet dengan spesifikasi menawan yang sanggup memainkan game kualitas grafis tinggi membuat pamor PSP menurun.

Hebatnya lagi, perangkat android juga bisa menginstal game PSP sehingga pecinta game tak perlu merogoh uang untuk membeli gadget buatan Sony itu. Lalu, bagaimana caranya agar bisa memainkan game PSP?

Main game PSP di Android
Main game PSP di Android

Emulator PSP

Sekarang ini ada begitu banyak emulator game PSP yang tersedia gratis di Google Play Store, sayangnya tak semua bekerja dengan baik. Namun ada satu rekomendasi yang bisa dicoba yakni emulator PPSSPP. Ini merupakan aplikasi open-source yang menghadirkan iklan untuk versi gratis. Agar terbebas dari iklan maka pengguna wajib membayar.

Emulator ini bisa diunduh langsung via Google Play Store dan berjalan lancar untuk perangkat dengan sistem operasi android 2.3 atau lebih. Sayangnya aplikasi ini tak menyediakan semua jenis permainan PSP, nantinya perlu ditambahkan ISO image atau .CSO file.

Bagaimana memperoleh ISO Image?

Untuk menjalankan game PSP di emulator, diperlukan ISO image yang dibuat dari PSP UMD (Universal Media Disc). Hebatnya lagi, proses ini tidak mengharuskan keluar kocek alias gratis. Selain itu, membuat ISO Image dari game PSP untuk penggunaan pribadi adalah tidak melanggar hukum alias legal.

Jalankan emulator jika ISO Image sudah tersedia di perangkat android. Segera buka tab Games, nantinya muncul semua folder dimana pengguna cukup menunjuk folder dimana ISO Image diletakkan. Nantinya game sudah bisa dimainkan.

Pada saat game sudah berlangsung, layar muncul tombol-tombol kendali yang ada di PSP. Untuk menggunakannya, pengguna cukup menyentuh tombol-tombol itu.

Pengalaman main game PSP di android tak seperti bermain di perangkat sesungguhnya dimana gamer bisa menekan tombol-tombol fisik. Demi menunjang permainan, Emulator PPPSSPP turut menyediakan beragam kustomisasi. Cukup menekan Setting pada tampilan antarmuka, nantinya muncul beragam opsi, silahkan setel sesuai keinginan dan kebutuhan.

Performa game PSP tergantung hardware atau spesifikasi perangkat android. Ada yang bekerja lambat, bahkan tak bisa bekerja sama sekali. Trik ini sangat dianjurkan untuk perangkat android kategori mid-range atau high-end.