Teknoflas.com – Salah satu kendala yang dihadapi traveler saat berlibur ke luar negeri yaitu menyiapkan ongkos penginapan. Tidur di hotel tentu memberatkan, setidaknya butuh biaya besar. Jika ingin menekan biaya akomodasi, berikut empat cara hemat biaya penginapan agar jauh lebih irit.

Cara gokil hemat biaya penginapan
Cara gokil hemat biaya penginapan

1. Bekerja di sebuah hostel

Seperti diketahui, hostel merupakan tempat penginpan yang selalu jadi andalan para backpacker. Biaya sewanya jauh lebih hemat daripada tidur di hotel. Jika ingin menghemat lebih banyak uang, coba saja bekerja di sebuah hostel. Dalam hal ini, setidaknya butuh keahlian yang diperlukan oleh si pemilik hostel. Sayangnya tak semua tempat memberlakukannya, kecuali datang pada saat musim liburan tengah memuncak, biasanya pemilik hostel mencari tenaga ekstra untuk mengurusi usahanya.

2. Nginap di asrama universitas

Mencari tempat penginapan murah ketika liburan di Eropa tidak begitu sulit, ada beragam pilihan menarik seperti menginap di asrama universitas. Fasilitas ini bisa ditemukan via situs universityrooms.com. Ternyata situs itu tak hanya memuat informasi asrama di Benua Eropa saja, namun menjangkau Kanada, AS, Australia, Selandia Baru dan Afrika Selatan. Selain harga bersahabat, traveler bisa merasakan sensasi menginap bagaikan mahasiswa. Durasi menginap bisa per hari ataupun per bulan.

3. Nginap di rumah warga lokal

Jika mencari yang lebih murah, tinggal saja di rumah warga setempat dan bisa mengenal lebih jauh budaya lokal. Bagaimana mencari rumah warga yang bisa ditinggali? Buka dan daftar saja di situs Airbnb atau Couchsurfing. Di situs tersebut, ada beragam jenis rumah serta harga yang terjangkau di kantong. Adapun keuntungan lainnya yaitu bisa ditemani jalan-jalan oleh si pemilik rumah. Di situs itu juga memuat sejumlah informasi serta ulasan dari pengguna lainnya.

4. Kenalan dengan banyak orang

Apakah anda memiliki teman yang tinggal di luar negeri? Ini jelas sebuah keuntungan, karena bisa tinggal di rumah mereka tanpa perlu keluar ongkos, palingan hanya bermodalkan oleh-oleh asli Indonesia. Meskipun tinggal di rumah teman, usahakan tidak merepotkan mereka. Bantulah untuk membersihkan rumah atau ikut menyajikan makanan.