Teknoflas.com – Sekarang ini sepatu telah menjadi komoditi penting dalam fashion wanita yang menunjang penampilan. Sayangnya ada beberapa jenis sepatu yang tidak direkomendasikan untuk dipakai secara terus menerus dalam waktu lama karena membahayakan kesehatan.

Berikut lima jenis sepatu yang membahayakan kesehatan wanita seperti dilansir Teknoflas.com dari laman indiatimes.

1. Sneakers

Sneakers

Sepatu yang sangat disukai wanita muda karena mudah dipadukan dengan koleksi busana yang tersimpan di lemari. Sebuah penelitian mengatakan bahwa pemakaian sepatu ini untuk jangka waktu lama justru membahayakan kesehatan. Banyaknya bantalan di dalam sepatu menjadi penyebab utama. Memakai sneakers dalam waktu lama dapat mematikan pengiriman sinyal dari telapak kaki menuju ke otak, nantinya saraf kaki menjadi mati rasa. Bahaya lain dari sepatu ini yaitu menyebabkan cedera di daerah tumit.

2. Sandal jepit

Sandal Jepit

Wanita sangat senang mengenakan sandal jepit karena praktis dan nyaman saat digunakan. Memang benar sandal jepit tak punya banyak bantalan seperti sneakers, namun model garis segitiga justru memaksa otot kaki untuk mencengkeram lebih kuat. Resiko kesehatan lain yang bisa terjadi yaitu peradangan otot, patah tulang hingga nyeri tumit.

3. Stiletto

Stiletto

Salah satu jenis sepatu berhak tinggi yang banyak digandrungi wanita saat ini. Memakainya akan membuat wanita tampak lebih tinggi dan seksi. Dibalik keindahan sepatu ini, ternyata menyimpan resiko bahaya seperti tumor jinak saraf, keseleo pergelangan kaki hingga patah tulang telapak kaki. Bahaya kesehatan disebabkan karena sepatu ini membuat berat badan wanita bertopang pada satu titik, yakni tumit. Jika terlalu lama menanggung beban, tumit dan telapak kaki jadi korban.

4. Wedges

Wedges

Ini termasuk sepatu hak tinggi, tetapi mengusung model hak yang datar. Banyak yang mengira wedges tidak terlalu membahayakan kesehatan, padahal sejumlah penelitian menyebutkan bahwa memakai wedges juga menyimpan potensi yang sama layaknya sepatu hak tinggi lainnya. Penyebabnya yaitu tumpuan berat badan yang terletak di bagian tumit.

5. Pencil heels

Pencil heels

Salah satu sepatu hak tinggi yang sedang populer beredar saat ini. Bentuk haknya tinggi langsing seperti pensil. Walaupun memakainya bisa membuat wanita tampak anggun, namun ada bahaya kesehatan dibaliknya karena berat badan bertumpu pada heels yang tinggi dan tipis. Resiko bahaya tak jauh berbeda dari jenis sepatu hak tinggi lainnya.