Demi menghemat konsumsi bahan bakar terbaik, solusi tepat untuk mengatasinya adalah eco driving. Ada sejumlah trik yang patut diperhatikan oleh pemilik mobil seperti tak agresif memainkan pedal gas, mengurangi pemakaian rem hingga menjaga putaran mesin secara konstan.

Semua trik itu sudah terbukti manjur, namun Siladhamo Mulyono, juara 1 Wisata Plus Honda Mobilio seri ketiga di Grand Garden Resto, Kebun Raya Bogor, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (19/9/2015) punya trik lain yang bisa dipertimbangkan.

Honda Mobilio, mobil hemat BBM
Honda Mobilio, mobil hemat BBM

Pada ajang Wisata Plus Honda Mobilio Tantangan Hemat 20km/l 2015, para peserta menyimpan trik-trik tersendiri untuk menghasilkan angka efisiensi bahan bakar terbaik. Semua trik di atas turut dipadukan dengan trik-trik ekstra agar angka yang tertera pada multi information display (MID) tinggi.

Demi mengurangi kinerja mesin, Siladhamo dan peserta lainnya menonaktifkan sistem pendingin ruangan.

“Pendingin ruangan memang penting, tapi kalau tidak tahan panas dengan udara di dalam mobil maka buka kaca jendela sedikit saja. Jangan buka kaca jendela terlalu besar karena mempengaruhi aerodinamis, yang pentingkan udara masuk dan ruangan di dalam mobil tidak panas,” ucap Siladhamo.

Adapun jurus eco driving ala Siladhamo yaitu menjaga putaran mesin antara 1.000-1.500 rpm serta kecepatan laju kendaraan 60 km/jam. Jurus ini sangat memaksimalkan efisiensi bahan bakar.

Muhammad Fajar Arianto, Juara Kedua di ajang serupa juga menerapkan jurus yang sama. Bahkan turut membeberkan jurus lain yang patut dipertimbangkan.

“Boleh percaya atau tidak, demi memaksimalkan efisiensi bahan bakar, sistem audio saya matikan dan tak memakai lighter untuk mengisi daya ulang smartphone. Dengan cara ini saya yakin sistem pengapian bisa stabil dan tak terbagi-bagi,” ucap Fajar.

Sementara itu, juara ketiga Bobby Suhaemi membeberkan jurus lain yaitu bersikap sabar dan menahan emosi selama berkendara di jalan raya.

“Intinya sih mau sabar, jangan gampang terbawa suasana jika diklakson dari belakang. Pastikan untuk selalu melihat kondisi,” ucap Bobby.

Pada ajang Wisata Plus Honda Mobilio Tantangan Hemat 20km/l 2015, ada rekor baru yang berhasil dicetak yakni angka 26,7 km/liter dan mengalahkan rekor 24,5 km/liter.